get app
inews
Aa Read Next : Publik Tak Puas Kinerja Eri Cahyadi, Elektabilitas Rendah di Pilwali Surabaya, Posisinya Tak Aman!

Menantu Soekarwo, Bayu Airlangga Masuk Bursa Cawagub Jatim 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:31 WIB
header img
Bayu Airlangga. Foto Dok

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis peta terbaru elektabilitas sejumlah nama yang masuk bursa calon wakil gubernur (cawagub) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut nama yang masuk bursa cawagub Jatim dengan elektabilitas tertinggi ialah Emil Elestianto Dardak (dalam simulasi 7 nama tertutup). 

"Emil tertinggi di antara nama-nama lain yang masuk bursa Cawagub Jatim 2024," kata Baihaki, Kamis (28/3/2024).

Dalam survei ARCI, elektabilitas Emil di angka 35,4% sebagai Cawagub Jatim 2024. Disusul Bupati Sumenep Ahmad Fauzi 19,2%, Bupati Bojonegoro 2018-2023 Anna Muawana 13,7%. Kemudian ada nama Menpan RB Azwar Anas 12,3%, Mantan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono 7,4%, Sri Rahayu (Anggota DPR RI PDIP) 5,7%, dan Ketua DPD Pro Jokowi (Projo) Jatim Bayu Airlangga 4,2%.

Baihaki menyebut cawagub paling ideal untuk Khofifah di Pilgub Jatim 2024 ialah Emil Dardak. Namun, jika Emil menjadi menteri maka ada sejumlah nama yang berpotensi sebagai wakil Khofifah mulai Fauzi hingga Bayu Airlangga. "Achmad Fauzi berhasil memimpin Sumenep dan bisa mengentaskan kemiskinan di wilayah tersebut,” tambahnya.

Lalu, kata Baihaki, Khofifah jika membutuhkan sosok muda dan energik bisa memilih Bayu Airlangga sebagai Cawagub Jatim. "Bayu kita tahu sebagai Ketua Projo Jatim juga memberi sumbangsih dalam pemenangan Prabowo-Gibran di wilayah Mataraman. Bayu sosok muda, jika Khofifah membutuhkan wakil muda dan energik, Bayu Airlangga tersedia," jelasnya.

"Apalagi, di belakang Bayu ada sosok Pakde Karwo. Saya kira Bayu bisa jadi alternatif yang bisa diterima semua partai pengusung Khofifah. Namun, kita semua harus menunggu dulu ke mana Emil akan berlabuh untuk karir politiknya ke depan," tandas Baihaki.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut