get app
inews
Aa Read Next : Gelar Earthdayz, UC Ajak Warga Jaga Kelestarian Lingkungan

Lembaga Edukasi IT XINAU siap Cetak Teknisi Handal di wilayah Indonesia Timur

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:41 WIB
header img
Xinau bekerjasama dengan SMKN 4 Kota Kupang melakukan pelatihan dengan total 68 peserta. Foto/Dok. Xinau

KUPANG, iNewsSurabaya.id - Sebagai lembaga edukasi & keahlian di dunia Teknologi Informasi yang berpusat di Kota Surabaya, Xinau (PT Edukasi Duta Bangsa) tengah mengembangkan program pelatihan teknisi VSAT untuk meningkatkan skill dan pemberdayaan masyarakat lokal. 

Kali ini Xinau bekerjasama dengan SMKN 4 Kota Kupang melakukan pelatihan dengan total 68 peserta.

Pelatihan ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan pembelajaran online selama 2 minggu, yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan offline di SMKN 4 Kota Kupang pada tanggal 18 - 22 Maret 2023. 

Agenda pelatihan mencakup uji kompetensi keahlian jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan pelatihan instalasi VSAT. Kegiatan ini mendapat respon positif dari para siswa dan siswi di sana. 

“Semoga skill baru yang kami dapat, bisa memenuhi kebutuhan teknisi VSAT di wilayah Indonesia Timur,” ungkap Maria Cyntia Casandra Temaluru, salah satu siswi yang menjadi peserta.


Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Kupang, Semi Ndolu, S.Pd mengaku sangat berbangga karena SMKN 4 Kupang dapat bekerjasama pertama kali dengan Xinau. 

"Menjadi harapan kami agar kerjasama ini dapat berkelanjutan dan menghasilkan SDM khususnya di bidang IT yang handal di Nusa Tenggara Timur," tuturnya.

Gita Intani Budiawati, Course Coordinator Xinau, menyampaikan SDM lokal yang dikembangkan melalui program ini sangat berpotensi untuk menjadi tenaga teknisi VSAT yang handal dan siap kerja.

Sebelumnya, Xinau juga telah menyelenggarakan pelatihan serupa di SMKN 3 Merauke, SMKN 8 Jayapura, dan bekerjasama dengan Relawan TIK Papua, dengan total 100 peserta. 

Yustiana Zaelani, Project Coordinator dari Xinau menambahkan bahwa program pelatihan VSAT akan terus dilakukan oleh Xinau ke wilayah lain di Indonesia, sehingga dapat mendukung pembangunan infrastruktur digital di Indonesia.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut