get app
inews
Aa Read Next : Pencuri Penambat Rel Kereta Api Ditangkap Saat Beraksi di Beji Pasuruan

Arus Balik, Lebih dari 20 Ribu Pelanggan Berangkat dari Daop 8 Surabaya

Senin, 15 April 2024 | 13:34 WIB
header img
Suasana di Stasiun Surabaya Gubeng Foto/Daop 8 Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Memasuki H+4 lebaran atau Senin (15/4), KAI Daop 8 Surabaya masih mencatat sebanyak 20.349 pelanggan yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. 

Sementara itu, terdapat 30.115 pelanggan yang turun di seluruh stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

"Data ini masih akan terus bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung selama masih tersedia," ungkap Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Lebih lanjut, berikut rincian naik dan turun pelanggan di 3 stasiun keberangkatan Daop 8 Surabaya :

1. Stasiun Surabaya Gubeng
- Naik : 5.454 pelanggan
- Turun : 10.654 pelanggan

2. Stasiun Surabaya Pasarturi
- Naik : 5.577 pelanggan
- Turun : 8.829 pelanggan

3. Stasiun Malang
- Naik : 2.808 pelanggan
- Turun : 5.272 pelanggan

Luqman Arif menambahkan, mayoritas para pelanggan kereta api di Daop 8 Surabaya didominasi dengan tujuan Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Jember dan Banyuwangi. Adapun KA paling favorit keberangkatan dari Daop 8 Surabaya :

1. KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen
2. KA Jayabaya relasi Malang - Surabaya - Pasarsenen
3. KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng - Pasarsenen
4. KA Tawangalun relasi Malang Kotalama - Ketapang
5. KA Malabar relasi Malang - Bandung

Luqman Arif menuturkan, selama arus balik masa Angkutan Lebaran 2024, mulai 12 - 21 April atau H+1 hingga H+10 lebaran, KAI Daop 8 Surabaya mencatat 167.250 pelanggan yang berangkat dan 206.941 pelanggan yang turun di Daop 8 Surabaya.

"Pada masa angkutan lebaran 31 Maret s/d 21 April, total tiket yang telah terpesan sebanyak 418.649 tiket, baik arus mudik, hari H lebaran, hingga arus balik lebaran," terangnya.

KAI Daop 8 Surabaya mengingatkan kembali kepada seluruh pelanggan untuk memperhatikan jadwal perjalanan KA, dan menyediakan waktu yang cukup untuk menuju stasiun agar tidak tertinggal KA.

Sementara itu, bagi pelanggan yang membawa barang bawaan agar diperhatikan kembali batas maksimal 20 kg, dengan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 cm dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi).

"Jika saat boarding di stasiun, pelanggan diketahui membawa bagasi yang melebihi ketentuan tersebut, maka akan dikenakan bea sebesar Rp10.000/kg untuk kelas eksekutif, Rp6.000/kg untuk kelas bisnis, dan Rp2.000/kg untuk kelas ekonomi," pungkas Luqman Arif.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut