get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Korban Banjir Lahar Dingin Semeru Mulai Berjatuhan, Tiga Warga Ditemukan Tewas

Selama Lebaran, Jatim Alami 25 Kejadian Bencana Alam

Selasa, 16 April 2024 | 19:10 WIB
header img
Bencana di Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Setelah beroperasi selama 14 hari sejak H-7 lebaran atau tanggal 3 April 2024, Posko Siaga Hidrometeorologi untuk musim lebaran yang didirikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) bersama BPBD Kabupaten/Kota berakhir Selasa (16/4/2024), pukul 24.00 WIB.

Secara umum, berdasar data Pusdalops PB BPBD Jatim, jumlah kejadian selama kurun 14 hari ini sebanyak 25 kejadian bencana alam. Bencana tersebut didominasi banjir dengan jumlah 14 kejadian, tanah longsor 6 kejadian dan angin kencang 5 kejadian.

“Tidak ada kejadian bencana yang menonjol pada musim lebaran tahun ini. Kecuali, kejadian banjir, angin kencang dan tanah longsor dengan skala kecil dan sedang,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, Gatot Soebroto, Selasa (16/4/2024).

Kejadian yang cukup menonjol,  kata dia, adalah banjir di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan pada Selasa (9/4/2024) yang sempat memutus jalur utama Banyuwangi - Surabaya. Kejadian ini mengakibatkan kemacetan panjang di jalur nasional yang terdampak banjir. Banjir juga juga mengakibatkan dua orang meninggal, yakni, seorang warga dewasa yang tersengat listrik dan seorang balita 2 tahun tenggelam terbawa banjir. 

“Pada saat kejadian, Tim TRC BPBD Jatim juga bergerak cepat membantu proses evakuasi warga terdampak dengan perahu karet dan menyerahkan sejumlah bantuan, seperti, makanan siap saji dan air mineral,” ujarnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut