get app
inews
Aa Read Next : DMC Dompet Dhuafa Jatim Berikan Bantuan Korban Gempa Pulau Bawean, Salurkan Kebutuhan Pokok

331 Fasilitas Umum Dibenahi Pasca Gempa Pulau Bawean, Sekolah hingga Pasar Kembali Berfungsi

Rabu, 08 Mei 2024 | 16:51 WIB
header img
Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) telah memulai proses revitalisasi 331 fasilitas umum (fasum) yang rusak parah akibat gempa bumi M 6,5 di Laut Jawa. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) telah memulai proses revitalisasi 331 fasilitas umum (fasum) yang rusak parah akibat gempa bumi M 6,5 di Laut Jawa. Sekolah, masjid, pasar, dan berbagai fasilitas umum di Kecamatan Sangkapura dan Tambak Tengah mendapat perhatian serius.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Gatot Soebroto mengatakan, langkah ini merupakan respons langsung terhadap instruksi dari Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dan Kepala BNPB Letjen TNI Suhariyanto. Mereka berdua meninjau langsung lokasi dampak gempa di Pulau Bawean dan memerintahkan Pemprov Jatim untuk mengambil tindakan cepat.

"Dalam upaya pemulihan pasca-bencana, kolaborasi antara Pemprov Jatim, Pemkab Gresik, pelaku usaha, dan komunitas lokal menjadi kunci utama," ungkap Gatot Soebroto.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa fokus utama saat ini adalah memperbaiki fasilitas agar segera dapat digunakan kembali oleh masyarakat, tanpa harus membangun dari awal. Hal ini menegaskan komitmen untuk mengembalikan kehidupan normal secepat mungkin di tengah-tengah tantangan pasca-gempa.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut