get app
inews
Aa Read Next : PT Sekar Laut Tbk Raih Penjualan Rp463 Miliar

Ekspansi Tahun 2024, PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Siapkan Rp 1 Triliun

Kamis, 16 Mei 2024 | 09:30 WIB
header img
PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) menyiapkan belanja modal (capex) sebesar Rp 1 triliun. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) menyiapkan belanja modal (capex) sebesar Rp 1 triliun untuk tahun ini. Pada triwulan pertama 2023, perusahaan ini telah menginvestasikan Rp 400 miliar dari dana tersebut.

Dana capex ini akan berasal dari kombinasi kas internal dan pendanaan pihak ketiga, terutama perbankan. Rencananya, sekitar 80% akan diperoleh dari perbankan, sementara sisanya dari kas internal. Namun, ada juga skenario alternatif di mana 70% berasal dari perbankan dan 30% dari kas internal. 

"Komposisi ini masih bisa berubah karena kami terus memantau potensi dan risiko yang mungkin muncul. Jika risiko tinggi, kami akan lebih mengandalkan dana internal," kata Direktur Utama ELPI, Eka Taniputra, dalam paparan publik pada Rabu (15/5/2024).

Tahun ini, ELPI berfokus memperkuat bisnis logistik untuk sektor minyak dan gas. Sebagian besar dana capex akan dialokasikan untuk pengadaan kapal baru. Untuk bidang komoditi curah dan bahan mentah, ELPI berencana menambah lima set Kapal Tug & Barge dan satu unit Kapal Bulk Carrier Supramax atau Panamax.

Berbasis di Surabaya, ELPI juga berencana menambah empat unit Offshore Support Vessel sepanjang tahun ini. Selain itu, ELPI akan menerima 10 unit armada baru, dengan fokus utama pada komoditas curah seperti batubara. Saat ini, ELPI sedang membangun tiga unit kapal, dengan satu unit yang sudah tiba di Malaysia. 

"Dua kapal sisanya diharapkan selesai pada Juni, Juli, dan September," tambah Eka.

Dengan penambahan armada ini, ELPI menargetkan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih masing-masing sebesar 15% dibandingkan tahun 2023. Pada tahun lalu, ELPI mencatat laba bersih sebesar Rp 155,85 miliar, naik 55% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 103,74 miliar.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut