get app
inews
Aa Read Next : Cerita Unik Gus Hans Terpilihnya Jadi Bakal Cawagub Pendamping Risma di Pilkada Jatim 2024

Tiga Kader PDI Perjuangan Siap Bersaing Pilgub, Cak Fauzi Lebih Dikenal Cak Ipin Disukai Milenial

Kamis, 16 Mei 2024 | 16:17 WIB
header img
Tiga Kader PDI Perjuangan Siap Bersaing di Pilgub Jatim 2024. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim) telah menyiapkan tiga kader muda berbakat untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024. Nama-nama yang sudah dikirim ke DPP PDI Perjuangan ini adalah Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, dan Bupati Kediri, Hanindhito Himawan.

Menariknya, dalam survei terbaru oleh Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Achmad Fauzi menjadi satu-satunya kader PDI Perjuangan yang masuk bursa calon gubernur dengan elektabilitas mencapai 11,2 persen. Fauzi berada di posisi ketiga setelah Khofifah Indar Parawansa dan Anwar Sadad.

Tidak hanya sebagai calon gubernur, Fauzi juga menunjukkan keunggulannya sebagai calon wakil gubernur. Elektabilitasnya mencapai 31,3 persen, hanya terpaut tipis dari Emil Elestianto Dardak yang memimpin dengan 35,7 persen. Sementara itu, elektabilitas Nur Arifin berada di angka 3,9 persen dan Hanindhito Himawan di 0,7 persen. Cak Ipin panggilan akrab Bupati Trenggalek memiliki kelebihan, diantarnya mampu merangkul milenial didukung dengan hobinya yang suka bermain musik menciptakan lagu dan bermain bola, dan menginisiasi walikota bupati FC se jatim. Selain itu, ia juga rajin turun ke masyarakat. 

"Elektabilitas Pak Fauzi cukup bagus baik sebagai Cagub maupun Cawagub," ujar Direktur ARCI, Baihaki Siratj. 

Survei ARCI juga mengungkapkan bahwa basis pemilih PDI Perjuangan lebih cenderung mendukung Fauzi dibanding dua kandidat lainnya. Jika ketiga kader diusung sebagai cawagub, Fauzi dipilih oleh 85 persen pemilih PDI Perjuangan, sementara Nur Arifin dan Hanindhito masing-masing hanya mendapat dukungan 7,5 persen dan 2,5 persen.

"Arifin dan Dhito baru menjadi perhatian setelah namanya disebut oleh DPD, sedangkan nama Fauzi sudah lama digadang-gadang maju Pilgub Jatim, dengan gambar-gambarnya tersebar di mana-mana," tambah Baihaki.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut