get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Pelajar SMA Adu Strategi Jelajahi Kota Surabaya di Kampus PCU

Mahasiswa di Surabaya Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Minggu, 19 Mei 2024 | 09:19 WIB
header img
Mahasiswa PCU bersama hasil karya dekorasi manekin dalam kampanye kanker payudara. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Communication Science Petra Christian University (PCU) menggelar kampanye bertajuk Ribbon of Hope. Kampanye yang dikemas kreatif berupa lomba Mannequin Decoration di Amphitheater Pakuwon City Mall, Surabaya. 

Kegiatan tersebut guna mengingatkan pentingnya deteksi dini kanker payudara. Ada 60 peserta yang terbagi menjadi 20 kelompok ikut memeriahkan suasana lomba. 

“Ini jadi wadah kreativitas bagi masyarakat, khususnya di Kota Surabaya. Manekin yang dihias itu akan menjadi sarana untuk edukasi tentang kampanye #SADARI (Periksa Payudara Sendiri),” kata Preysella Anggreani Parinding Gala, selaku Ketua Acara.

Berdurasi selama 4 jam, kreativitas para peserta terpancar dari berbagai kreasi manekin yang indah dan inspiratif. 

Membawa pesan tentang pentingnya deteksi dini, dan dukungan bagi para penyintas kanker payudara, lautan warna pink yang identik dengan kampanye ini memenuhi lokasi kegiatan, mencerminkan semangat para peserta dan partisipan untuk melawan kanker payudara.

Ribbon atau pita berwarna pink merupakan simbol dari kanker payudara, sedangkan hope adalah harapan. “Bukan pita yang membawa kesedihan, tapi pita yang membawa pengharapan. Kami ingin lewat kampanye ini, masyarakat bisa memiliki harapan untuk terhindar dari kanker payudara,” imbuh Preysella.

Terdapat serangkaian kegiatan yang juga dilakukan, seperti zumba, workshop, talkshow “Breast Cancer 101”, talkshow 
“Komunitas RRS + Health Drink Demo”, dan talkshow “Kampanye SADARI”. 

Sebagian keuntungan dari Ribbon of Hope ini juga akan didonasikan kepada Reach to Recovery (RRS) Surabaya, sebuah komunitas bagi para penyintas kanker payudara.

Preysella juga menyebut bahwa ada pre-campaign berupa 5K Fun Walk yang dilaksanakan pada 12 Mei 2024 di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya. 

“Lebih dari 350 orang mengikuti Fun Walk. Ini bertujuan mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, sebagai langkah preventif dalam memerangi kanker payudara,” kata mahasiswi Strategic Communication PCU itu.

Seperti jargon Ribbon of Hope kali ini, yaitu “Ayo Kenali, Saatnya Peduli!”, para mahasiswa PCU mengajak masyarakat Surabaya untuk terus mendukung dan menyebarkan pentingnya kesadaran tentang deteksi dini kanker payudara

“Nggak cuma Oktober, mari giatkan kampanye ini, agar kita bisa bersama-sama menciptakan masa depan yang cerah bagi masyarakat Indonesia,” pungkas Preysella.

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, dan industri kreatif.

 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut