get app
inews
Aa Read Next : Upacara Unik Kenaikan Pangkat di Polres Jombang, Ada Tradisi Siraman Air Kembang, Begini Serunya

Fakta Baru Terungkap dalam Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Jombang, Ini Kata Kasat Lantas Polres

Sabtu, 25 Mei 2024 | 07:41 WIB
header img
Fakta Baru Terungkap dalam Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Jombang. Foto iNewsSurabaya/Zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Kasatlantas Polres Jombang, AKP Nur Arifin, mengungkapkan temuan mengejutkan terkait kecelakaan tragis bus pariwisata Bimario di KM 695+400 tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Kecelakaan yang terjadi tepatnya di Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang ini membawa fakta baru yang mengejutkan.

Arifin mengungkapkan, sopir bus, Yanto (36), tidak melakukan pengereman sama sekali sebelum tabrakan fatal dengan truk di depannya. Temuan ini didasarkan pada penelitian bekas rem sepanjang 69,2 meter di sekitar lokasi kejadian, yang ternyata berasal dari truk, bukan bus pariwisata dengan pelat nomor W 7422 UP yang mengangkut 51 penumpang tersebut.

"Bekas rem yang ditemukan adalah milik truk yang berada di depan bus. Hasil pengujian ban menunjukkan bahwa bekas tersebut tidak cocok dengan ban bus," jelas Arifin di Kantor Satlantas, Jumat malam (24/5/2024).

Pemeriksaan lebih lanjut mengungkap bahwa sistem rem dan kir bus dalam kondisi baik, namun saksi-saksi yang berjumlah 13 orang, termasuk penumpang bus dan ahli dari tim TAA Polda Jawa Timur, menyatakan bahwa sopir tertidur saat mengemudi. Alhasil, bus tersebut menabrak truk Mitsubishi dengan nomor polisi N 9674 UH yang dikemudikan Arif Yulianto (37), warga Lawang, Kabupaten Malang.

"Menurut para saksi, sopir tidak memberikan isyarat lampu atau klakson sebelum kecelakaan," tambah Arifin.

Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Jawa Timur terlibat dalam penyelidikan kecelakaan ini, menggunakan rekaman CCTV sebagai alat bukti. Kamera pengintai menunjukkan bahwa bus melaju dengan kecepatan antara 100-110 kilometer per jam, melebihi batas maksimal yang diizinkan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut