get app
inews
Aa Read Next : Belanda Tundukkan Polandia dengan Skor 2-1, Gol Spektakuler Menit 83 Buat Frustasi Lawan

Gaya Victoria Jadi Revolusi Fesyen yang Mampu Ubah Dunia, Ini Refleksi Sejarah dan Fenomena Sosial

Selasa, 11 Juni 2024 | 17:05 WIB
header img
Athaya M. Jumhur, mahasiswi Ilmu Sejarah Universitas Airlangga dan Duta FIB UNAIR 2023. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Fesyen selalu menjadi cermin budaya dan perubahan zaman. Salah satu era paling berkesan dalam sejarah fesyen adalah era Victoria, yang berlangsung dari tahun 1837 hingga 1901 di bawah pemerintahan Ratu Victoria. Era ini tidak hanya dikenal karena keanggunan busananya tetapi juga karena transformasi sosial dan ekonomi yang mengikutinya.

Di balik gaun indah dan korset yang ketat, terdapat revolusi industri yang mengubah segalanya. Perubahan pesat dalam teknologi dan ekonomi membuka pintu bagi kaum pekerja untuk mengakses pakaian yang sebelumnya hanya dapat dinikmati oleh kaum aristokrat. Produksi massal dan mesin jahit memungkinkan terciptanya pakaian yang lebih terjangkau dan mudah didapatkan.

Penemuan pewarna sintetis oleh William Henry Perkin membawa revolusi warna dalam dunia fesyen. Sebelumnya, warna-warna cerah dan beragam hanya bisa dihasilkan dari bahan alami yang mahal. Namun, dengan pewarna sintetis, pakaian menjadi lebih hidup dan menarik. Ini memberikan kesempatan bagi semua lapisan masyarakat untuk mengenakan pakaian yang modis dan penuh warna.

Korset, sarung tangan, dan pakaian dari bahan-bahan eksklusif menjadi simbol era ini. Gaya busana ini tidak hanya mencerminkan status sosial tetapi juga menampilkan kemewahan dan keanggunan. Dengan produksi massal, gaya yang dulunya eksklusif ini kini dapat dinikmati oleh masyarakat umum, mengurangi kesenjangan visual antara kaum pekerja dan aristokrat.

"Selain era Victoria, artikel ini akan mengulas tren fesyen yang muncul dari tahun 1920, era setelah Perang Dunia Pertama, hingga tahun 2000, puncak dari globalisasi," kata Athaya M. Jumhur, mahasiswi Ilmu Sejarah Universitas Airlangga dan Duta FIB UNAIR 2023.

Era Victoria adalah bukti bahwa fesyen bukan hanya tentang pakaian, tetapi juga tentang perubahan sosial, teknologi, dan ekonomi. Gaya dari era ini terus menginspirasi dunia fesyen hingga hari ini, menunjukkan betapa kuatnya pengaruh era tersebut terhadap budaya dan gaya hidup kita. Bersiaplah untuk menjelajahi perjalanan menarik melalui dekade-dekade fesyen yang penuh inovasi dan perubahan, dari era setelah perang dunia hingga masa globalisasi.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut