get app
inews
Aa Read Next : Dirut BSI Hery Gunardi Catat Sejarah Perbankan Syariah dalam Buku Mega Merger In The Pandemic Era

Indonesia Sapu Bersih Medali Emas Wushu AUG 2024 Hari Kedua, Salah Satunya Diraih Mahasiswa Ubaya

Jum'at, 28 Juni 2024 | 18:25 WIB
header img
Dari kiri, atlet Singapura juara 2 Low Shun Quan Benette, mahasiswa Ubaya juara 1 Akbar Dwi Affandi, atlet Singapura juara 3 Kaluarachchi Devin Tharunuwan. Foto/Ubaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id Atlet mahasiswa Indonesia berhasil mendapat tujuh medali pada pertandingan hari kedua cabang olahraga Wushu di Asean University Games (AUG) 2024. 

Total ada 4 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Salah satu medali emas diraih oleh mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya), Akbar Dwi Affandi pada kategori Nanquan. Pertandingan dilaksanakan pada Jumat (28/6/2024) di Ubaya Sports Center, Kampus Ubaya Tenggilis.

Hari kedua mempertandingkan dua kategori yakni, Wushu Changquan (Men-Women) dan Wushu Nanquan (Men-Women). Akbar Dwi Affandi mengikuti kategori Wushu Nanquan dan berhasil meraih emas dengan skor 9473. 

“Saya tidak menyangka bisa mendapat juara satu karena lawan tandingnya cukup sulit. Namun saya senang karena bisa membanggakan negara sendiri,” ungkap mahasiswa Fakultas Psikologi Ubaya itu. Ke depannya, ia akan mempersiapkan diri untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) bulan September nanti.
 
Wakil Rektor III Ubaya Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. apt. Christina Avanti, menyebut pencapaian ini menambah prestasi di bidang olahraga yang banyak ditorehkan mahasiswa Ubaya. 

“Ubaya sangat bangga dengan prestasi luar biasa yang telah dicapai oleh para atlet kami di AUG tahun ini. Kemenangan ini adalah bukti nyata dari kerja keras, dedikasi, dan semangat juang atlet untuk membanggakan Indonesia. Semoga capaian ini bisa jadi inspirasi untuk teman-teman muda dalam meningkatkan semangat berkompetisi sekaligus menjaga sportivitas,” terang Christina.

Berikut perolehan medali yang didapat atlet mahasiswa Indonesia :

Emas : 
- Muhammad Daffa Golden Boy (kategori Changquan Male)
- ⁠Widodo Eugenia Diva (kategori Changquan Female)
- ⁠Akbar Dwi Affandi (kategori Nanquan Male)
- ⁠Hanamaira Alinskha (kategori Nanquan Female)

Perak : 
- Ahmad Ghifari Fuaiz (kategori Changquan Male)
- ⁠Tjahyadi Jennifer (kategori Changquan Female)

Perunggu : 
- Tasya Ayu Puspa Dewi (kategori Nanquan Female)

ASEAN University Games merupakan pentas olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet mahasiswa dari perguruan tinggi negara-negara anggota ASEAN. 

Universitas Surabaya (Ubaya) dipilih menjadi venue cabang olahraga Wushu dan Bridge yang diadakan pada 26-30 Juni 2024.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut