get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Banyuwangi Siap Jadi Pusat Ekspor Buah Tropis ke Dunia, Apindo Jatim Serius Jalin Kerjasama

Minggu, 07 Juli 2024 | 09:59 WIB
header img
Apindo Jatim dan Pemkab Banyuwangi Siap Berkolaborasi Kembangkan Hasil Hortikultura Bumi Blambangan. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Banyuwangi telah lama dikenal dengan kekayaan hasil pertanian dan hortikultura, terutama buah-buahan tropis. Kini, potensi ini akan dikembangkan lebih lanjut melalui kolaborasi dengan Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Apindo Jawa Timur.

Ketua DPP Apindo Jatim, Eddy Widjanarko, mengungkapkan optimismenya setelah memetakan potensi Banyuwangi, khususnya dalam produksi alpukat, manggis, dan buah naga. "Kami melihat peluang besar untuk ekspor ke berbagai negara. Ada pengusaha besar di China yang ingin membeli buah-buahan dari Indonesia. Inilah kesempatan emas bagi kami untuk mengembangkan pertanian dan hortikultura di Banyuwangi," kata Eddy saat bertemu dengan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Eddy menjelaskan, di China, industri pembibitan telah berkembang pesat dengan lebih dari 30 jenis semangka yang dibudidayakan. "Kami ingin membawa teknologi dan pengetahuan ini ke Banyuwangi untuk mengembangkan industri pengolahan buah-buahan di sini," ujarnya.

Dengan adanya industri pengolahan, nilai tambah dari hasil hortikultura Banyuwangi akan meningkat signifikan. Selama kunjungannya di Banyuwangi, Eddy telah bertemu dengan petani alpukat, buah naga, durian, dan manggis yang sudah melakukan ekspor ke Taiwan.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyatakan bahwa produksi buah-buahan di daerahnya sangat menjanjikan. "Banyak petani padi yang beralih ke hortikultura karena lahan di Banyuwangi cocok untuk berbagai jenis tanaman. Mulai dari palawija, buah-buahan, hingga pertanian lainnya," ungkapnya.

Ipuk juga mengakui bahwa ekspor buah-buahan Banyuwangi saat ini masih melalui Surabaya atau Bali karena belum adanya fasilitas bea cukai di Banyuwangi. "Kami sedang berupaya agar pelabuhan kami dijadikan pelabuhan ekspor. Namun, kendala terbesar adalah pengusaha kapal yang memikirkan barang apa yang bisa dibawa kembali ke Banyuwangi. Karena belum ada industri, kita masih terbatas," jelasnya.


Apindo Jatim dan Pemkab Banyuwangi Siap Berkolaborasi Kembangkan Hasil Hortikultura Bumi Blambangan. Foto iNewsSurabaya/ist

Banyuwangi telah merintis pembangunan kawasan industri Wongsorejo untuk mengatasi masalah ini. "Jika kawasan industri ini bisa berjalan, ekspor-impor akan lebih lancar," tambahnya.

Selain hortikultura, Banyuwangi juga memiliki potensi pertanian lainnya seperti beras organik. Petani beras organik di Banyuwangi mampu memproduksi beras kuning, hitam, merah, dan coklat. Produksi cabai dari Banyuwangi juga telah diterima oleh industri makanan dan minuman skala besar, serta gula merah organik yang menjadi incaran.

Dari sektor peternakan, terdapat potensi susu perah dari kambing dan sapi. Namun, karena belum ada industri pengolahan susu di Banyuwangi, produk tersebut masih dikirim ke Surabaya dan Yogyakarta.

Selain sektor pertanian dan peternakan, pariwisata juga menjadi andalan Banyuwangi. "Kami mengandalkan potensi alam seperti pertanian, perikanan, dan jasa pariwisata. PDRB kami pada 2023 meningkat menjadi Rp101 Triliun dari sebelumnya Rp85 Triliun, didorong oleh sektor-sektor ini," pungkas Ipuk.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut