get app
inews
Aa Read Next : Kreatif, Fiona Rancang Busana Ready to Wear dari Kain Perca

Kisah Inspiratif Pustakawan Asal Surabaya yang Dapat Beasiswa ke Jerman

Kamis, 11 Juli 2024 | 18:22 WIB
header img
Chandra Pratama Setiawan, pustakawan Petra Christian University (PCU). Foto/Dok Pribadi

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Seorang pustakawan dari Surabaya berkesempatan mengikuti DIES University Leadership and Management Training Programme (UNILEAD 2024) di Oldenburg, Germany. Ia adalah Chandra Pratama Setiawan, pustakawan Petra Christian University (PCU).

Program ini diselenggarakan oleh The German Academic Exchange Service (DAAD), dengan University of Oldenburg sebagai tuan rumah. 

Sedangkan UNILEAD merupakan program international berupa short course bagi leaders dan managers di universitas. Dari Indonesia, hanya tiga universitas yang mendapat kesempatan serta beasiswa untuk mengikuti program ini, dan Chandra adalah salah satunya. 

“Proses seleksinya cukup ketat. Beberapa persyaratan harus saya siapkan, mulai dari proposal project, essay, hingga penjelasan tentang relevansi antara project dengan pekerjaan,” ungkap Chandra.

Topik-topik yang dipelajari dalam short course UNILEAD 2024 yaitu Project Management, Strategic Management & Academic Leadership, dan Human Resource Management. 

Hasil akhirnya adalah development and innovative project yang akan diajukan untuk universitas masing-masing. Sementara itu, project yang dirancang oleh Chandra adalah Research Data Management.

“Research Data Management ini wajib dimiliki oleh universitas, terutama yang aktif di bidang teaching (pengajaran) dan research (penelitian),” imbuh Head of Collection Management and IT Division of PCU Library itu. 
Harapannya, lewat ilmu yang didapat Chandra selama ikut short course di Jerman, PCU sebagai Kampus Swasta No.1 di Jawa Timur ini bisa punya sistem Research Data Management, supaya terus updated seperti kampus-kampus di negara maju.
U
NILEAD 2024 ini bersifat sandwich (online offline), dengan dua kali contact phase yang mewajibkan peserta visit langsung ke Oldenburg, Germany. Chandra sudah menjalani tahap offline pertamanya. 

Ia berkesempatan untuk belajar di University of Oldenburg selama 25 hari pada akhir Februari lalu, dan dibimbing langsung oleh tutor dari beberapa universitas ternama di Jerman. 

Tak selesai sampai di situ saja, pada bulan September mendatang, Chandra akan kembali berangkat ke Jerman untuk mengikuti tahap offline keduanya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut