get app
inews
Aa Read Next : Sukses Digelar, PLN Mobile Color Run 2024 Diikuti 1.500 Pelari

Indah Kurnia: Jangan Biarkan Market Kita Jadi Pasar Bangsa Lain

Kamis, 24 Februari 2022 | 17:08 WIB
header img
Indah Kurnia dan Gede Edy Prasetya menyerahkan KUR dan CSR untuk pelaku UMKM. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia, mengingatkan kepada pelaku usaha khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 

"Jangan biarkan market kita ini menjadi pasar bagi bangsa-bangsa lain," tuturnya dalam acara Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Surabaya, kamis (24/2/2022).

Indah mengatakan, saat ini persaingan dunia usaha semakin ketat. Siapapun dan dari bangsa manapun sudah bisa menembus pasar di Indonesia. Disisi lain, pasar bebas itu juga menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk berkiprah hingga manca negara.

"Maka pelaku UMKM jangan sampai jadi market aja. Kalau bisa juga bisa jualan ke manca negara," tegasnya.

Agar bisa menembus pasar manca negara, politisi PDI Perjuangan yang getol memperjuangkan UMKM itu menegaskan bahwa UMKM harus bisa beradaptasi terhadap perubahan. Pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produknya.

Selain itu, pelaku UMKM juga harus memiliki pemahaman tentang pengelolaan keuangan yang bagus agar tidak terjerat oleh lembaga pembiayaan ilegal. Jika membutuhkan modal usaha, UMKM bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) 

"Masalah UMKM ini adalah persoalan pembiayaan. Hanya saja, pembiayaan seperti apa yang masuk dalam skema KUR itu bisa ditanyakan langsung kepada Bank yang dituju," jelasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut