get app
inews
Aa Read Next : Tim Dosen Ubaya dan UKWMS Ciptakan Inovasi Kopi Celup Herbal

Dosen Ubaya Ciptakan Inovasi Board Game Bertema Cerita Panji

Kamis, 15 Agustus 2024 | 14:41 WIB
header img
Board game dimainkan secara tim dan diperuntukkan untuk anak muda berusia 13 tahun ke atas. Foto/Humas Ubaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Dosen Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya), Guguh Sujatmiko, M.Ds., membuat board game yang mengangkat Cerita Panji asal Jawa Timur bernama “Kridha Wira Satya”. 

Board game yang merupakan karya disertasinya ini menghadirkan inovasi miniatur dengan desain yang realistis agar pesan filosofis Cerita Panji dapat diterima oleh generasi muda. 

Guguh, sapaan akrabnya, menyebut pembuatan board game ini dilatarbelakangi budaya tutur Cerita Panji yang kian lama makin menghilang di generasi saat ini. 

Penyampaian budaya ini sebenarnya sudah dilakukan melalui beberapa media komunikasi visual. Namun, pesan hanya tersampaikan satu arah, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmatinya.

 “Untuk itu saya adaptasi Cerita Panji ke dalam board game. Berdasarkan riset, board game menjadi sarana yang paling menyenangkan dan bisa digunakan sebagai media menyalurkan nilai-nilai budaya asal Jawa Timur ini jadi jauh lebih baik,” ujarnya. 

Hal yang paling menonjol dalam board game ini adalah terdapat miniatur (minis) yang menggambarkan empat tokoh Cerita Panji yakni Panji Asmorobangun, Dewi Sekartaji, Dewi Galuh, dan Butho Ijo dengan realistis. 

“Sesuatu yang abstrak dari budaya tutur tersebut, saat ini bisa dipegang secara langsung oleh audiens sebagai bentuk aktual di tangan mereka. Miniaturnya bisa jadi pajangan dan koleksi. Ini jadi unique selling point yang membedakan dengan board game lainnya,” imbuh Guguh. 

Miniatur ini ada dua versi yaitu versi besar dengan ukuran sekitar 15 cm dan versi mini dengan ukuran sekitar 7 cm.

Tak hanya minis yang dibuat realistis, visual pada kartunya pun juga memperlihatkan ekspresi tokoh-tokohnya yang beragam. Ada ekspresi paling rendah yang menunjukkan kesedihan hingga ekspresi percaya diri untuk bisa mengalahkan musuh. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut