get app
inews
Aa Read Next : Survei Pilwali Surabaya 2024 versi ARCI, Elektabilitas Bayu Airlangga Buntuti Eri Cahyadi

Gus Mamak dan Abdullah Hidayat, Penantang Kuat yang Siap Mengguncang Pilbup Sampang

Selasa, 20 Agustus 2024 | 20:25 WIB
header img
Gus Mamak dan Abdullah Hidayat, Penantang Kuat yang Siap Mengguncang Pilbup Sampang. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SAMPANG, iNewsSurabaya.id - Pesona Gus Mamak, atau yang lebih dikenal sebagai Muhammad Bikin Muafi, bersama Abdullah Hidayat, semakin menguat di kalangan warga Sampang. Berdasarkan hasil survei terbaru dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), pasangan ini diprediksi akan menjadi penantang serius bagi petahana, Slamet Junaedi (Kaji Idi) yang berpasangan dengan KH Ahmad Mahfud (Ra Mahfud) dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Sampang.

Dalam presentasi yang disampaikan di Surabaya pada Selasa (20/8/2024), Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengungkapkan bahwa elektabilitas Gus Mamak-Abdullah Hidayat kini mencapai 42,8%, mengungguli pasangan Kaji Idi-Ra Mahfud yang berada di angka 36,5%. Sisanya, sebanyak 20,7% responden masih belum menentukan pilihan.

Tidak hanya itu, survei yang lebih rinci mengenai calon bupati menunjukkan bahwa Gus Mamak memiliki elektabilitas sebesar 39,2%, sedikit lebih tinggi dibandingkan Kaji Idi yang hanya meraih 34,6%. Sementara dalam survei calon wakil bupati, Abdullah Hidayat memimpin dengan 39,7%, jauh meninggalkan Ra Mahfud yang hanya memperoleh 21,5%.

Baihaki menjelaskan bahwa lonjakan elektabilitas pasangan Gus Mamak-Abdullah Hidayat ini tidak lepas dari keinginan kuat warga Sampang akan perubahan. 

Selama lima tahun terakhir, banyak warga yang merasa kurang puas dengan kepemimpinan Kaji Idi. Mereka mendambakan pembangunan yang lebih merata, terutama di kawasan pedesaan.

"Gus Mamak adalah sosok yang merakyat, yang tak segan turun langsung ke tengah masyarakat. Inilah yang membuatnya begitu dicintai oleh warga Sampang," ujar Baihaki. 

Selain itu, pasangan ini juga dipandang sebagai figur religius yang dekat dengan kalangan pesantren, menjadikannya pilihan yang tepat untuk membawa kebijakan pro-rakyat dan islami.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut