get app
inews
Aa Read Next : Perairan Tercemar Mikroplastik, Pelajar di Banyuwangi Jadi Detektif Sungai

Kali Bedadung Jember Banjir Sampah Sachet

Selasa, 01 Maret 2022 | 09:37 WIB
header img
Gabungan organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Jember, melakukan penyisiran Kali Bebadung, Minggu (27/2/2022). (Foto: Dok Mapala)

Untuk itulah, lanjut Hamdi, selain untuk meningkatkan kemampuan di bidang olahraga arus deras, Mapala Gabungan terus melakukan pengawasan pada titik-titik timbulan sampah. Serta mencari tahu penyebab masyarakat membuang sampah ke sungai.

Hamdi menjelaskan, faktor yang menyebabkan timbulan sampah pada sisi kanan dan sisi kiri disepanjang sungai Bedadung juga bermacam-macam. Diantaranya kurangnya kesadaran dari masyarakat akan fungsi dari sungai dan kurangnya peran pemerintah desa yang secara sadar membiarkan masyarakatnya membuang sampah ke sungai.

"Disini juga terlihat bahwa peran penting dari dinas lingkungan hidup yang tidak mampu mengatasi permasalahan sampah yang setiap tahun bukannya makin menurun malah semakin meningkat," ungkapnya.

Dari 132 sampah yang ditemukan, lalu dambil secara acak. Sampah  yang mendominasi dari produk Wingsfood 38 sampah, Unilever 18 sampah, Indofood 13 sampah, mayora 3 sampah, dan seterunya.

"Jika dipresentasikan wingsfood yang paling mendominan dari produk yang lain sekitar (25,2%) dan unilever ( 11,3%), Indofood (9,1%)," ujar Hamdi.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut