get app
inews
Aa Read Next : Alasan All-New KONA Electric Cocok Jadi Pilihan EV Untuk Arek-arek Suroboyo

Perkuat Posisi di Indonesia, Citroen Mulai Produksi Lokal Citroen E-C3

Rabu, 28 Agustus 2024 | 22:23 WIB
header img
Mobil Citroen menjadi pusat perhatian di GIIAS Surabaya 2024. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Di ajang GIIAS Surabaya 2024, PT Indomobil National Distributor selaku Agen Pemegang Merk (APM) Citroen di Indonesia kembali berpartisipasi dengan mengusung tema tagar From France for Indonesia. 

Booth bernuansa khas Prancis ini dibuka mulai 28 Agustus – 1 September 2024 di Grand City Convex, Surabaya. Selain menampilkan beragam model unggulannya, Citroen juga meresmikan produksi dalam negeri untuk model Citroen E-C3 All Electric yang akan dimulai dalam waktu dekat di Purwakarta, Jawa Barat.

Citroen merupakan brand otomotif asal Prancis yang didirikan sejak 1919, dan dikenal dengan desainnya yang unik dan fungsional serta menawarkan kenyamanan terbaik di kelasnya. Citroen resmi memperkenalkan model-modelnya di Indonesia pada tahun 2023 dan telah memiliki 22 dealer di berbagai kota. 

Upaya Citroen dalam membangun brand dan customer experience juga diwujudkan melalui dibangunnya Parts Center di Purwakarta untuk menunjang ketersediaan parts Citroën, serta disiapkannya teknisi terlatih di setiap dealer untuk melayani kebutuhan pelanggan.

Pada Mei 2024, Citroen menjadi brand pertama yang resmi memperoleh persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk berpartisipasi dalam Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Sehingga dapat mengimpor mobil EV dengan insentif dari pemerintah selama masa transisi, hingga dimulainya produksi dalam negeri. 

Sejak diterimanya persetujuan tersebut, Citroen mulai menyerahkan mobil Citroen E-C3 kepada pemesan di berbagai kota.

Kemudian, pada ajang GIIAS Jakarta 2024 yang digelar pada bulan Juli lalu, Citroen mengumumkan rencana untuk melanjutkan langkahnya ke arah produksi lokal di Indonesia. Langkah awal ini dimulai dengan peresmian produksi dalam negeri hasil kerjasama antara PT Indomobil National Distributor,
 
Stellantis dan PT Nasional Assemblers yang merupakan perusahaan perakitan dibawah naungan Indomobil Group yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat.

Dengan total investasi sebesar Rp381 milliar, Citroen berharap dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja untuk menunjang proses produksi. 

Selain itu, Citroen juga turut mendukung industri otomotif dalam negeri dengan melakukan lokalisasi Citroen E-C3 All Electric, guna mencapai persyaratan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar minimal 40%.

“Kami merasa bangga telah begitu banyak pencapaian yang diraih selama hampir 2 tahun sejak diumumkannya kehadiran Citroen di Indonesia. Dan pada kesempatan hari ini, kami telah mewujudkan salah satu langkah strategis Citroen untuk memulai produksi dalam negeri untuk model Citroen E-C3 All Electric, sebagai langkah awal dalam menggarap pasar kendaraan listrik di Indonesia dan menciptakan mobilitas bebas emisi,” ujar Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer PT Indomobil National Distributor.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut