get app
inews
Aa Read Next : Dorong Pelaku Usaha Lokal Masuk Pasar Global, BCA Gelar UMKM Indonesia Go Export 2024 di Surabaya

Pengabdian Masyarakat Departemen Ekonomi Syariah Unair Dorong Kemandirian Fatayat dan Muslimat NU

Selasa, 17 September 2024 | 11:29 WIB
header img
Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Ekonomi Syariah Unair menyampaikan materi di Balai Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Foto/Tim Pegmas

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tim Dosen Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga menggelar Pengabdian Masyarakat di Balai Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Acara dilaksanakan pada Hari Sabtu, 7 September 2024 tersebut merupakan program dari Pengabdian Masyarakat Mandat Fakultas Ekonomi Bisnis untuk tiap departemen. 

Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga dosen yang memberikan materi pelatihan kepada peserta yang merupakan Ibu-Ibu pengajian Fatayat dan Muslimat NU

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, Dr. Fatin Fadhilah Hasib, SE., M.Si menuturkan, dalam kesempatan ini pihaknya memberikan 3 jenis pelatihan kepada Ibu-Ibu. Pertama, pelatihan terkait literasi keuangan keluarga Islami. Materi ini disampaikan oleh Dr. Fatin Fadhilah Hasib, SE., M.Si

Kemudian pelatihan untuk mengembangkan minat berwirausaha Ibu-Ibu yang disampaikan oleh Dr. Ari Prasetyo, SE., M.Si., Sekretaris Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN) Universitas Airlangga. Sedangkan materi yang terakhir adalah pelatihan berkaitan dengan Sertifikasi Halal oleh Meri Indri Hapsari, SE., M.Si., Ph.D.

Selain ketiga narasumber tersebut, terdapat 3 anggota tim yang juga terlibat dalam proses pengabdian Masyarakat ini, yaitu Prof. Dr. Sri Herianingrum, SE., M.Si., Dr. Imron Mawardi, SE., M.Si., Annisa Rahma Febriyanti, S.EI., M.SEI.

Menurut  Dr. Fatin Fadhilah Hasib, alasan dari pemberian tiga jenis pelatihan tersebut disesuaikan dengan permasalahan yang dialami oleh Ibu-Ibu Fatayat dan Muslimat NU di Desa Penanggungan. 

“Ibu-Ibu memiliki peran penting dalam rumah tangga sebagai pengelola keuangan atau bendahara rumah tangga. Ilmu keuangan keluarga Islami jarang diajarkan saat sekolah, padahal implementasinya adalah seumur hidup, sehingga ini krusial untuk diberikan kepada Ibu-Ibu," tuturnya.

Selama pelatihan, Ibu-Ibu Fatayat dan Muslimat NU nampak antusias dan beberapa Ibu-Ibu juga mengajukan pertanyaan kepada para pemateri. Tim dari Unair mencoba untuk menggali potensi yang dimiliki oleh Ibu-Ibu yang bisa digunakan untuk perencanaan bisnis yang dikelola bersama. 

Dr. Ari mengatakan, bisnis dimulai dari apa yang ada di sekitar dan apa yang disukai. Fatayat dan Muslimat NU itupun mulai mendiskusikan terkait potensi komoditas yang bisa diolah menjadi produk bisnis. 

Selain pelatihan terkait bisnis dan keuangan keluarga, Ibu-Ibu pengajian juga mendapatkan pelatihan terkait sertifikasi halal yang penting untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk. 

Sebagian Ibu-Ibu telah memiliki bisnis pribadi, namun belum tersertifikasi halal. Adanya pelatihan ini memberikan wawasan kepada Ibu-Ibu terutama yang memiliki bisnis untuk mengajukan sertifikasi halal. 

Pemateri Meri Indri Hapsari, Ph.D. juga memberikan tutorial berkaitan dengan pengajuan sertifikasi halal secara digital melalui akun SIHALAL. 

Dr. Fatin berharap kegiatan ini tidak berakhir hanya pada pelatihan saja, namun juga pendampingan terkait praktik bisnis. 

“Apabila Ibu-Ibu telah memiliki bisnis yang dikelola dalam organisasi Fatayat dan Muslimat NU, kami berharap untuk bisa melanjutkan dengan pendampingan pengelolaan bisnis yang berkelanjutan dan mendampingi seluruh proses mendapatkan sertifikasi Halal," terangnya.

Selain itu kegiatan Pengabdian Masyarakat Departemen Ekonomi Syariah Unair ini juga linear dengan penerapan tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu meniadakan kemiskinan dan menerapkan kesetaraan gender, dimana Ibu-Ibu sebagai pengelola bisnis. 


 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut