get app
inews
Aa Read Next : Buruan Beli! Tiket Timnas Indonesia vs Australia Dijual Mulai 17 Agustus, Begini Caranya

Ramdhan Sananta Pemain Timnas Indonesia Resmi Kuliah di UM Surabaya

Kamis, 19 September 2024 | 12:29 WIB
header img
Muhammad Ramadhan Sananta. Foto/Humas UM Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemain Timnas Indonesia Muhammad Ramadhan Sananta menjadi pendaftar terakhir mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Masuknya Sananta menambah daftar panjang atlet pesebakbola yang kuliah di UM Surabaya

Sananta menyusul rekannya Rizky Ridho Ramadhani, Komang Teguh, Malik Risaldi dan Ikhsan Zikrak yang tercatat sebagai mahasiswa di UM Surabaya. 

Pria yang kian menjadi posisi penyerang untuk klub Liga 1 Persis Solo dan Tim Nasional (Timnas) Indonesia  tersebut mengambil jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sama seperti Ridho, Komang dan Malik. 

“Lihat teman-teman yang ada di Timnas pada kuliah saya tertarik, kemarin juga sempat tanya-tanya ke Ridho soal bagaimana perkuliahan di UM Surabaya,” ujar Sananta.

Selain keinginannya, dorongan kuliah juga hadir dari keluarganya. Menurut Sananta, orang tuanya sering mengingatkan pentingnya kuliah di tengah gemilangnya karier sepak bola. Karena itulah akhirnya ia memantapkan diri untuk kuliah di UM Surabaya. 

Sananta mengambil jurusan Prodi Manajemen, hal tersebut bukan karena ikut-ikutan rekannya di timnas, melainkan keinginannya sejak awal. 

“Memang dari awal rencana kuliah mau ambil manajemen, saya ingin belajar bagaimana me-manage banyak hal. Karena jurusan ini penting dan bagus untuk karier saya ke depan,” imbuhnya. 

Bahkan menurut keterangannya, ia akan mengembangkan skill usaha. Menurutnya sudah ada rencana usaha, namun belum sempurna100%, karena sekarang masih berfokus di sepak bola.

Saat ditanya seberapa penting pendidikan menurut dirinya, Sananta menjawab pendidikan bagi atlet sangat penting, karena dirinya harus mengetahui pendidikan di luar seperti apa, karena ilmu itu luas tidak hanya olahrga saja.

“Karier atlet kan tidak berlangsung lama, harapannya menempuh pendidikan tinggi bisa membuka jalan untuk banyak hal, saya yakin dengan berkuliah juga akan membuka wawasan yang luas,” imbunya.  

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut