Menurut Audiyah, hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun penggunaan flashcard efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, mereka masih membutuhkan latihan tambahan untuk menyempurnakan teks deskriptif sesuai dengan tata bahasa bahasa Inggris yang benar. Namun, ia juga menekankan bahwa flashcard telah membantu siswa lebih mudah memahami materi dan memperkaya kosakata.
Yang menarik dari penelitian ini adalah respons siswa terhadap metode tersebut. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, dengan keterlibatan aktif yang meningkat selama proses belajar.
Flashcard berhasil menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan interaktif, sesuatu yang sangat diharapkan dalam metode pengajaran modern.
Selain memberikan wawasan baru dalam metode pembelajaran, penelitian ini juga membuka jalan bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi strategi serupa. "Kami berharap sekolah dapat mempertimbangkan penggunaan flashcard dalam kurikulum sebagai salah satu media pembelajaran inovatif," tambah Audiyah.
Kesuksesan penelitian ini turut mengiringi kelulusan Audiyah pada 26 September 2024. Didukung oleh keluarganya, terutama ayahnya, Supangat, Ph.D., yang juga Wakil Dekan I Fakultas Teknik Untag Surabaya, Audiyah mendapatkan pesan inspiratif dari sang ayah. "Selamat, Putriku. Ini adalah langkah awal dari perjalananmu yang panjang. Teruslah belajar dan jadilah sosok yang menginspirasi." ujarnya.
Dengan penelitiannya yang inovatif, Audiyah membuka peluang baru dalam dunia pendidikan bahasa Inggris, menunjukkan bahwa media sederhana seperti flashcard bisa memberikan dampak besar bagi proses belajar siswa.
Editor : Arif Ardliyanto