get app
inews
Aa Read Next : Firhando Siapkan Langkah Khusus Atasi Masalah Sampah di Kota Batu

Bangun Museum Wisata Budaya dan Sejarah, Firhando Tanamkan Rasa Bangga Generasi Muda Kota Batu

Rabu, 02 Oktober 2024 | 20:06 WIB
header img
Firhando akan Bangun Museum Wisata Budaya dan Sejarah di Kota Batu. Foto iNewsSurabaya/ist

BATU, iNewsSurabaya.id - Calon Walikota Batu Firhando Gumelar mengusung sejumlah program unggulan dalam Pilkada Kota Batu 2024. Salah satunya pembangunan Museum Wisata Budaya dan Sejarah.

Keberadaan museum ini dianggap penting bagi warga Kota Batu, terutama generasi muda setempat “Kehadiran museum ini untuk memupuk rasa bangga dengan sejarah dan budaya kotanya sendiri,” ujar Mukhlis Ndoyo Said, penulis buku Clan-X sekaligus juru bicara Firhando Gumelar, Rabu (2/10/2024).

Mukhlis menjelaskan, program pembuatan Museum Wisata Budaya dan Sejarah di Kota Batu ini terinspirasi dari museum-museum di luar negeri. Seperti di Washington Amerika Serikat dan di Leiden Belanda yang ternyata banyak menginventarisir peninggalan-peninggalan Kerajaan Nusantara di masa lalu.

“Mereka sangat menghargai dan mengapresiasi peninggalan kita dan dipertontonkan untuk mengedukasi masyarakat setempat,” ujar Mukhlis. 

Kembali ke Kota Batu, kata Muhklis, kota ini menyimpan banyak misteri yang harus dipecahkan tentang budaya dan Sejarah. Menurutnya, sangat banyak penemuan-penemuan di Kota Batu yang seharusnya dapat diinventarisir melalui komunikasi dengan lembaga terkait. 

“Ada Balai Arkeologi, Badan Pelestarian Cagar Budaya, dan tentunya di sini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan harus menjadi motor untuk bagaimana ke depan asset-aset itu bisa menjadi bahan edukasi, khususnya untuk masyarakat Kota Batu,” kata Mukhlis. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut