get app
inews
Aa Read Next : Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Bank Jatim Kucurkan Kredit BLUD Rp 75 Miliar Ke RSUD Kediri

Trans Jatim Koridor V Diluncurkan, Bank Jatim Berikan Kemudahan Akses Perbankan

Kamis, 03 Oktober 2024 | 09:42 WIB
header img
Penyerahan secara simbolis buku tabungan Simpeda bankjatim kepada pramugara dan pramugari Trans Jatim guna mendukung pemberian akses kemudahan layanan perbankan. Foto/Bankjatim

BANGKALAN, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kembali meresmikan armada bus Trans Jatim. Kali ini Pemprov Jawa Timur meresmikan 15 bus Trans Jatim Koridor V Rute Terminal Bangkalan – Terminal Purabaya berkapasitas 30 penumpang.

Peresmian dilakukan langsung oleh Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Pj. Bupati Bangkalan Arief M. Edie dan turut dihadiri Direktur Operasi bankjatim Arif Suhirman, di Pendopo Kabupaten Bangkalan, pada Senin (30/9/2024). 

Dalam kesempatan tersebut, Arif Suhirman juga turut menyerahkan secara simbolis buku tabungan Simpeda bankjatim kepada pramugara dan pramugari Trans Jatim guna mendukung pemberian akses kemudahan layanan perbankan. 

”Bankjatim memang terus berupaya untuk selalu bersinergi dengan Pemprov Jawa Timur demi kesejahteraan masyarakat. Termasuk dalam hal memberi kemudahan untuk pegawai Trans Jatim maupun pengguna Trans Jatim. Untuk pegawainya, kami memfasilitasi penggajian dan kredit,” terangnya. 

Kemudian untuk para pengguna Trans Jatim juga tidak perlu repot. Sebab, pembayarannya sudah bisa menggunakan QRIS bankjatim. Sistem pembayaran non tunai tersebut telah menjadi kebutuhan Dishub karena dapat langsung masuk rekening secara realtime, sehingga lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. 

”Dalam hal ini kami bekerja sama dengan Dishub Jatim memberikan support alat pembayaran secara nontunai, yaitu QRIS. Praktis, tinggal buka JConnect dan scan barcode QRIS bankjatim. Kami akan terus mendukung program-program yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur demi memudahkan penumpang maupun operator bus Trans Jatim,” papar Arif.

JConnect QRIS sendiri telah menunjukkan performa yang positif. Sampai Agustus 2024, QRIS bankjatim telah bekerja sama dengan 174.185 merchants. Angka tersebut mengalami peningkatan 72,73% (YoY). Nominal transaksinya sebesar Rp 130,52 miliar atau naik 204,87% (YoY).

Sementara itu, Adhy mengatakan, peluncuran Trans Jatim ini merupakan respons dari tingkat urgensi pemerataan layanan transportasi umum di Jawa Timur. Menurutnya, Bus Trans Jatim  merupakan solusi kebutuhan untuk membantu mobilitas dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.  

Sebab, saat ini, pelayanan Trans Jatim sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mulai koridor I, II, III, IV. Terbaru koridor V rute Terminal Purabaya - Terminal Bangkalan. 

"Akhirnya Koridor V bisa dilaksanakan lebih cepat untuk menjawab kebutuhan dalam memudahkan mobilitas masyarakat Madura yang seringkali melakukan perjalanan Surabaya - Bangkalan untuk bekerja sekaligus membangkitkan potensi ekonomi baru bagi masyarakat," ujar Adhy. 

Adapun perluasan Bus Trans Jatim koridor V yang diberi nama Cakraningrat tersebut merupakan wujud nyata Pemprov Jatim mengimplementasikan Nawa Bhakti Satya keempat, yakni Jatim Akses

Terbukti, smart bus yang sudah beroperasi dua tahun ini telah dimanfaatkan 4,3 juta masyarakat di Jatim karena membantu mobilitas masyarakat. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut