get app
inews
Aa Read Next : Serunya Kompetisi Memasak Inspirasi Kuliner Nusantara Bersama Bright Gas Cooking Competition 2024

Belasan Mahasiswa ITS Ikuti Kompetisi Ide Inovasi dalam Forum IIA 2024

Selasa, 08 Oktober 2024 | 19:30 WIB
header img
Direktur Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa Wisnu Hindadari (kedua dari kiri), melihat inovasi alat pemecah gelombang dari ban bekas dalam Forum IIA 2024 di ITS Surabaya, Selasa (08/10/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

General Manager PHE ONWJ Muzwir Wiratama mengungkapkan, dalam rantai operasional, PHE ONWJ akan membutuhkan sumber daya manusia dari berbagai lintas teknik. 

PHE ONWJ siap mendukung pemerintah untuk mencapai NZE 2030 atau lebih cepat. Strategi yang dijalankan mencakup efisiensi energi, manajemen bahan, pemanfaatan suar bakar di anjungan Zulu sebagai bahan bakar turbin generator, penggunaan bio diesel B35 untuk kapal operasi lepas pantai, penanaman mangrove hingga CCS.

Panel-panel tenaga surya juga dipasang di 12 fasilitas lepas pantai. 864 panel solar terpasang mampu menghasilkan energi baru terbarukan sebesar 1.435,91 Gigajoules/tahun atau 398.864,70 KWh/tahun atau setara dengan 1,09 MWp. Selain itu juga penurunan beban emisi sebesar 301,98 ton CO2 eq/tahun.

“Kami juga mencoba mengembangkan potensi lokal komunitas dan lingkungan dengan menginisiasi program yang diberi nama “Jam Pasir”, kepanjangan dari Jaga Alam Melalui Pemberdayaan Masyarakat Pesisir,” kata Wira.

Daratan Dusun Pasir Putih yang berada di pesisir utara Kabupaten Karawang dulunya tergerus arus laut hingga mengalami abrasi. Di daerah itu kemudian dikembangkan  inovasi APPOSTRAPS (akronim dari alat pemecah, peredam ombak, dan sedimen traps). Inovasi ini menyulap ban bekas menjadi alat pemecah gelombang, dengan modul unik berbentuk segitiga. 

Program Jam Pasir berhasil memanfaatkan 19.100 limbah ban bekas, berdampak positif dengan bertambahnya sedimentasi garis pantai sejauh 400 meter. Dan sejak diaplikasikan tahun 2022, tidak saja risiko abrasi dapat ditanggulangi, inovasi ini bahkan berhasil memulihkan dan membentuk lahan baru seluas 3,62 hektar. 

Program itu mendapat apresiasi dari BRIN yang diwakili Agusta Samodra Putra S.Si., M. Eng., Ph.D. Menurutnya, aspek keberlanjutan tidak selalu bermakna dampak lingkungan, melainkan juga dampak sosial yang melibatkan masyarakat.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut