get app
inews
Aa Read Next : Perbaikan Jalan Rusak di Desa Ngudirejo, Dinas PUPR Jombang Ingin Kenyamanan Pengguna Jalan Terjamin

Tingkatkan Kenyamanan, Dinas PUPR Jombang Genjot Pemeliharaan Jalan dengan Metode Baru

Kamis, 17 Oktober 2024 | 07:27 WIB
header img
Dinas PUPR Jombang Genjot Pemeliharaan Jalan dengan Metode Baru. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jombang tak henti-hentinya berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan. Salah satu langkah nyatanya adalah pemeliharaan intensif sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan, termasuk di pusat kota. Jalan K.H. Wahid Hasyim menjadi salah satu fokus perbaikan yang mulai dikerjakan sejak pekan lalu.

“Perbaikan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memastikan setiap pengguna jalan di Jombang bisa menikmati fasilitas yang aman dan nyaman,” ujar Kepala Dinas PUPR Jombang, Bayu Pancoroadi, Rabu (16/10/2024).

Bayu mengungkapkan bahwa pemeliharaan di Jalan K.H. Wahid Hasyim dilakukan selama tiga hari, yakni Jumat (11/10/2024), Sabtu (12/10/2024), dan Senin (14/10/2024). Tidak seperti sebelumnya yang hanya sekadar menambal lubang jalan, kali ini perbaikan menggunakan metode yang lebih modern dan efisien, yaitu cold milling atau pengupasan permukaan aspal yang diikuti dengan penghamparan ulang aspal hotmix.

“Perlakuan perbaikan pada jalan berlubang yang bergelombang ini berbeda. Kalau jalan berlubang hanya area kecil, tapi kalau bergelombang, itu cenderung lebih luas dan panjang, sehingga penanganannya butuh metode khusus,” jelas Bayu.

Metode cold milling ini menjadi andalan baru dalam perbaikan jalan karena memungkinkan pengupasan permukaan yang sudah rusak untuk digantikan dengan lapisan aspal baru. Proses ini dimulai dengan pengerukan jalan, sehingga menciptakan permukaan yang lebih rata dan siap untuk pengaspalan ulang.

"Mesin cold milling mampu menjaga konsistensi kedalaman pengupasan, memastikan setiap permukaan jalan yang rusak ditangani dengan presisi tinggi," lanjutnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut