get app
inews
Aa Read Next : Pertumbuhan Arus Peti Kemas di TPK Ambon Capai 5%, Dorong Ekonomi Maluku Lebih Maju

TPK Ambon Bangkit, Perubahan Besar-Besaran Di Tengah Pujian Pelaku Logistik Indonesia

Kamis, 17 Oktober 2024 | 10:10 WIB
header img
Transformasi Terminal Petikemas (TPK) Ambon mendapatkan apresiasi dari Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Maluku. Foto iNewsSurabaya/ist

Namun, ia juga menekankan pentingnya Pelindo untuk terus memperbarui peralatan agar selalu siap saat dibutuhkan. "Secara keseluruhan sudah sangat baik, tapi peralatan harus tetap dalam kondisi prima agar pelayanan tetap optimal." ujarnya. 

Menanggapi pujian tersebut, Terminal Head TPK Ambon, Yandi Sofyan Hadi, menjelaskan bahwa proses transformasi di TPK Ambon belum berakhir. "Transformasi adalah proses berkelanjutan. Kami mulai dengan standarisasi operasional, penataan lapangan, pelatihan bagi petugas, dan mengintegrasikan proses berbasis perencanaan dan kontrol," kata Yandi.

Keselamatan juga menjadi fokus utama dalam transformasi ini. Menurut Yandi, langkah-langkah untuk memastikan keselamatan operasional di terminal dilakukan melalui pelatihan keselamatan (safety induction) dan penetapan standar minimal keamanan, serta sterilisasi area terminal bagi orang-orang yang tidak berkepentingan.

Selain itu, TPK Ambon telah mengadopsi sistem manajemen terminal terbaru, TOS Nusantara, sejak 18 Agustus 2023. Implementasi sistem ini menjadikan TPK Ambon sebagai terminal ketiga di bawah SPTP yang menggunakan TOS Nusantara, setelah TPK 009 Tanjung Priok dan Terminal 1 TPK New Makassar.

Dengan perubahan yang terus berlangsung, TPK Ambon berkomitmen untuk menjadi terminal yang lebih modern, aman, dan efisien, sesuai dengan standar internasional dalam dunia logistik dan bongkar muat.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut