get app
inews
Aa Read Next : Dukung Pendidikan, Himanata Untag Surabaya Hadirkan Pojok Literasi untuk Masa Depan Anak

Sak Piro Pintermu! Ratusan Siswa SMA Jatim Unjuk Kemampuan di Ajang Cerdas Cermat di Untag Surabaya

Senin, 28 Oktober 2024 | 19:27 WIB
header img
Para peserta lomba cerdas cermat mengikuti technical meeting secara daring, sebelum adu pintar di Untag Surabaya. Foto/Tangkapan Layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Perayaan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur (Jatim) semakin meriah dengan hadirnya Lomba Cerdas Cermat yang menguji kepintaran para siswa SMA se-Jawa Timur. Acara ini tak hanya menjadi ajang kompetisi, namun juga wahana untuk mengasah pengetahuan dan kreativitas generasi muda dalam suasana penuh semangat dan kebersamaan.

Acara yang berlangsung selama dua hari, dari Selasa hingga Rabu (29-30/10/2024) ini digelar di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, berkolaborasi antara Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Untag Surabaya, dan Surabaya.iNews.id. 

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 300 siswa dari berbagai penjuru Jatim, yang terbagi dalam 30 tim, siap bertanding dan mewakili sekolah mereka masing-masing.

Lukman Hakim, Ketua Pelaksana dari GeniNews, menyampaikan bahwa lomba ini lebih dari sekadar kompetisi. "Kami ingin mengasah kemampuan akademis, berpikir kritis, dan mendorong siswa untuk berkompetisi secara sehat. Ini adalah wadah bagi generasi muda untuk menunjukkan kepintaran dan kreativitas mereka," ujar Lukman pada Senin (28/10/2024).

Tak hanya itu, melalui kompetisi ini, GeniNews juga ingin menumbuhkan semangat kolaborasi dan kemitraan di bidang pendidikan. “Kegiatan ini membuka peluang besar bagi kerja sama positif antara berbagai stakeholder pendidikan di Jawa Timur," tambah Lukman.

Dalam kompetisi ini, peserta akan melalui tiga babak penuh tantangan: babak penyisihan, semifinal, dan final. Di setiap babak, siswa akan diuji dalam berbagai sesi seperti penampilan budaya, ketangkasan, dan sesi rebutan, yang membutuhkan konsentrasi serta kecepatan berpikir. 

Khusus di babak final, para finalis akan bersaing dalam empat sesi yang semakin intens, yaitu sesi budaya, ketangkasan, kecerdasan, dan rebutan, untuk mengumpulkan poin tertinggi.

Para pemenang nantinya berkesempatan membawa pulang hadiah berupa uang pembinaan, beasiswa, serta hadiah menarik lainnya dengan total nilai mencapai ratusan juta rupiah. Menambah kemeriahan, seluruh rangkaian acara akan disiarkan langsung di iNews TV serta live streaming di iNews.id Surabaya, sehingga masyarakat dapat ikut merasakan atmosfer kompetisi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Timur, Suhartono, menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini. "Kami sangat mendukung kegiatan ini. Saya yakin dampaknya akan besar, menginspirasi siswa-siswa lain untuk ikut serta dan semakin tertantang untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka," ungkap Suhartono penuh antusias.

Dengan semangat yang membara, seluruh peserta diharapkan menjunjung tinggi sportivitas dan meraih hasil terbaik. Selamat berlomba, generasi cerdas Jatim!

Untuk diketahui, dalam kegiatan kali ini, selain bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan Untag Surabaya juga didukung oleh banyak pihak. Di antaranya Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), Bank Jatim, Sompo Insurance, The Gab's, Matahari Tunjungan Plaza Surabaya, Miseko, Scotch&Co Jeans, Taman Safari Prigen, PT. SIER, PTPN I Regional 5, PT Pelindo, PTPN I Regional 4, Patriot Group, dan Jungle Hospitality Management (JHM).

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut