Nilai-nilai inti Ina Cookies tertuang dalam kata "RAHMAT": Religius, Action, Harmoni, Manajemen, dan Transparansi. Aspek religius sangat diutamakan, dengan kegiatan mengaji sebelum memulai kerja dan rapat.
"Untuk karyawan minimal satu lembar, kalau mau rapat ngaji dulu minimal satu ayat," ungkap Mama Ina.
Aspek harmoni menekankan pentingnya hubungan baik dengan karyawan dan pemasok. Manajemen yang baik dilakukan dengan mengacu pada SOP, dan transparansi diutamakan dalam setiap aspek bisnis.
Dengan 1000 karyawan, saat ini Ina Cookies bisa memproduksi 20.000 toples kue kering setiap harinya. Setiap minggu, 300 lusin kue dikirim ke Surabaya, pasar yang dinilai sangat bagus karena masyarakatnya melek akan makanan sehat.
Uniknya, produksi kue kering hanya dilakukan selama empat bulan dalam setahun, sisanya digunakan untuk berinovasi dan menciptakan varian baru.
Keberhasilan Ina Cookies selama lebih dari tiga dekade menjadi bukti nyata bahwa komitmen, inovasi, dan nilai-nilai religius dapat menjadi kunci sukses dalam berbisnis. Kisah Mama Ina dan Ina Cookies menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM di Indonesia.
Editor : Ali Masduki