get app
inews
Aa Text
Read Next : Pertalite Dicurigai Tercampur Etanol, Ini Penjelasan Lengkap Polisi Jombang

Kabupaten Jombang Raih Predikat Pelayanan Prima, Masuk 10 Besar Nasional Versi Kemenpan RB

Rabu, 28 Mei 2025 | 21:09 WIB
header img
Kabupaten Jombang raih Predikat Pelayanan Prima dari Kemenpan RB dengan IPP 4,60, masuk 10 besar nasional dan peringkat 3 di Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id – Prestasi membanggakan diraih Kabupaten Jombang dalam peningkatan pelayanan publik. Berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Jombang berhasil meraih Predikat Pelayanan Prima dengan Indeks Pelayanan Publik (IPP) sebesar 4,60.

Capaian ini menempatkan Kabupaten Jombang di peringkat ke-7 nasional dari total 360 kabupaten se-Indonesia. Di tingkat Jawa Timur, Jombang berhasil meraih peringkat ke-3 dari 38 kabupaten/kota, menjadikannya salah satu daerah dengan pelayanan publik terbaik di provinsi tersebut.

Bupati Jombang, Warsubi, menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas prestasi ini. Ia menyebut bahwa penghargaan tersebut adalah hasil dari kerja keras dan komitmen seluruh jajaran birokrasi di Jombang.

“Alhamdulillah, predikat Pelayanan Prima ini adalah bukti nyata dedikasi kita dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Kenaikan IPP dari 4,26 menjadi 4,60 menunjukkan bahwa upaya kita selama ini membuahkan hasil,” ujar Bupati Warsubi, Senin (26/5/2025).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Jombang, Agus Purnomo, dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Otok Kuswandaru, di Jakarta pada Selasa (20/5/2025).

Dalam proses evaluasi, tiga instansi utama menjadi lokus penilaian, yaitu: RSUD Jombang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan Dinas Sosial Kabupaten Jombang. 

Ketiganya dinilai menunjukkan kinerja optimal sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Warsubi menegaskan bahwa capaian ini bukanlah akhir, melainkan langkah awal untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik.

“Kami terus berkomitmen menghadirkan layanan yang responsif, transparan, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Kolaborasi aktif antara pemerintah dan masyarakat menjadi kunci untuk mewujudkan pelayanan publik yang unggul dan berkelanjutan,” tegasnya.

Dengan diraihnya Predikat Pelayanan Prima, Pemerintah Kabupaten Jombang berharap dapat memotivasi seluruh perangkat daerah dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan standar layanan publik.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut