UNNOFEST Ubaya, Mahasiswa Berinovasi Wujudkan Mimpi Enterpreneur
SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Universitas Surabaya (Ubaya) kembali menggelar Ubaya Innovaction Festival (UNNOFEST) volume 6, sebuah ajang tahunan yang mendorong kreativitas dan jiwa kewirausahaan mahasiswa.
Berlangsung selama tiga hari (2-4 Juni 2025) di Plaza Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Kampus Ubaya Tenggilis, UNNOFEST kali ini menampilkan lebih dari 50 produk inovatif karya mahasiswa Ubaya yang telah lolos seleksi ketat.
Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT., mengungkapkan harapannya agar UNNOFEST dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif.
“Mari jadikan UNNOFEST keenam ini sebagai ajang cipta kreativitas dan inovasi baru. Semoga banyak karya baru yang sangat laku di pasar. Ubaya siap mendukung hingga memasuki tahap komersialisasi,” ujar Benny saat membuka acara, Rabu (2/6).
Salah satu produk unggulan yang menarik perhatian adalah "HueHaus," minuman kopi latte kaya antioksidan berbahan dasar spirulina dan beetroot.
Inovasi ini merupakan hasil kolaborasi mahasiswa dari Fakultas Teknobiologi dan Fakultas Bisnis dan Ekonomika.
Melinda Surya Sutedjo, salah satu anggota tim HueHaus, mengaku sangat senang dengan animo pengunjung.
“Kita dapat inovasi ini dari salah satu mata kuliah di Teknobiologi. Satu hari kami targetkan laku terjual 50 botol. Ternyata melebihi, lebih dari 100 botol terjual dalam dua hari,” jelasnya.
UNNOFEST Vol. 6 tidak hanya memamerkan produk-produk inovatif, tetapi juga menghadirkan talkshow inspiratif. Salah satunya adalah sesi bersama MiriCanvas, platform digital yang mendukung mahasiswa berwirausaha di bidang desain grafis.
Irenna Elizabeth S.Ak., MBA, Partnership Development Manager MiriCanvas, menjelaskan bagaimana teknologi Artificial Intelligence (AI) dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi dan kreativitas.
“MiriCanvas siap memfasilitasi presentasi. Melalui AI, presentasi langsung jadi dalam 1 hingga 2 menit. Mahasiswa juga bisa jadi kontributor dan mendapatkan royalti,” jelasnya.
Bertajuk "CAKEP" (Ceriakan Aksi, Koneksi, Experience, dan Profitmu), UNNOFEST Vol. 6 menampilkan beragam karya, mulai dari makanan dan minuman, produk fesyen, hingga photobooth.
Acara tersebut menegaskan komitmen Ubaya dalam mendukung pengembangan jiwa enterpreneur dan inovasi di kalangan mahasiswanya
Editor : Ali Masduki