get app
inews
Aa Text
Read Next : Lewat Teknologi Tepat Guna, Kampus di Surabaya Ini Angkat UMKM Jadi Lebih Produktif

Jadi Ikon Jatim, Kampus Ini Aktif Lakukan Branding Potensi Desa Wisata di Prigen Lewat Digital

Kamis, 07 Agustus 2025 | 05:32 WIB
header img
Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya yang turun langsung membantu memoles citra Desa Karangjati, Prigen, Pasuruan, melalui literasi pengembangan desa wisata berbasis digital. Foto iNewsSurabaya/ist

PASURUAN, iNewsSurabaya.id – Potensi desa wisata di Jawa Timur kian mencuri perhatian, bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga dari kalangan akademisi. Salah satunya datang dari Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya yang turun langsung membantu memoles citra Desa Karangjati, Prigen, Pasuruan, melalui literasi pengembangan desa wisata berbasis digital.

Desa Karangjati memiliki magnet wisata yang unik, yakni agrowisata petik melon yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kujati Perdana. Bukan sekadar kebun biasa, melon di sini dibudidayakan dengan sistem pertanian modern, mulai dari penggunaan green house hingga pengembangan varietas unggul yang memiliki rasa manis khas.

Dosen Pembimbing UWP, Muhammad Luthfi Alif Utama, S.M., MM., mengungkapkan bahwa agrowisata ini telah mendapatkan dukungan kuat dari komunitas petani lokal dan BUMDes setempat. 

“Peluang untuk dikenal luas sangat besar, bahkan sampai tingkat nasional. Tantangannya adalah bagaimana memanfaatkan potensi ini dengan strategi yang tepat, terutama melalui branding digital,” jelasnya.

Namun, Luthfi juga menyoroti sejumlah kendala yang masih dihadapi warga. Minimnya pengetahuan tentang pemasaran digital, keterbatasan inovasi pascapanen, hingga pengembangan produk UMKM menjadi pekerjaan rumah yang perlu dibenahi.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), tim UWP memberikan pelatihan strategi digital marketing untuk agrowisata, inovasi produk UMKM, pendampingan sertifikasi halal, hingga edukasi pertanian hortikultura produktif. 

“Kami ingin masyarakat memiliki keterampilan yang berkelanjutan, termasuk memahami pentingnya sertifikasi halal untuk memperluas pasar,” ujar Ketua KKN UWP, Ahmad Juandika.


Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya yang turun langsung membantu memoles citra Desa Karangjati, Prigen, Pasuruan, melalui literasi pengembangan desa wisata berbasis digital. Foto iNewsSurabaya/ist

Kepala Desa Karangjati, H. Kuyatip, S.H., M.H., menyambut baik program ini. Menurutnya, pendampingan dari kampus akan berdampak besar terhadap perkembangan ekonomi desa. 

“Bagi kami, branding desa wisata sangat penting. Dengan adanya dukungan ini, UMKM lokal bisa berkembang dan produk desa bisa dikenal lebih luas,” ungkapnya.

Dengan kombinasi potensi alam yang memikat, dukungan teknologi pertanian modern, dan sentuhan pemasaran digital, Desa Karangjati diharapkan bisa menjadi salah satu ikon agrowisata unggulan di Jawa Timur, bahkan di tingkat nasional.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut