get app
inews
Aa Read Next : Ditjen Imigrasi Luncurkan Tiga Kebijakan Visa Baru, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jatim

Kisah Taubat Pecandu Narkoba, Keluar Lapas Ingin Jadi Guru Ngaji

Minggu, 10 April 2022 | 21:54 WIB
header img
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Malang memberikan fasilitas bagi pecandu narkoba untuk bertaubat

MALANG, iNews.id - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Malang memberikan fasilitas bagi pecandu narkoba untuk bertaubat. Warga binaan ini diberi kesempatan leluasa untuk belajar membaca Al Quran pada masa tahanan di Lapas yang terletak di Jalan S. Supriyadi Sukun ini.

Indah Nuari, merupakan satu di antara warga binaan di sini. Ia telah tinggal menjalani masa hukuman selama enam tahun penjara sejak tahun 2017 lantaran kasus kepemilikan narkoba. Perempuan asal Kabupaten Tuban ini mengaku banyak belajar selama berada di dalam Lapas perempuan, termasuk memperdalam ilmu-ilmu agama yang sebelumnya tak pernah ia sentuh saat masih menjadi pemakai narkoba.

"Banyak sekali perubahan yang dialami ketika saya disini, saya sudah enam kali lebaran di sini," kata Indah Nuari ditemui MPI, saat kegiatan tadarus Alquran di dalam Lapas Perempuan, Kamis (7/4/2022).

Ia mengaku semenjak masuk dalam Lapas merasakan bagaimana arti kehilangan serta kesedihan, jauh dari keluarga. Hal ini pula yang akhirnya tersadar apa yang dilakukannya selama bertahun-tahun sebelum tertangkap adalah perbuatan salah. Ia ikhlas menjalani garis kehidupannya yang telah ditentukan Tuhan, menurutnya selalu ada hikmah atau pelajaran di setiap perbuatan yang dilakukannya.

"Ya pastinya sedih tapi saya kembalikan lagi ada hikmah yang harus kita ambil dari kejadian seperti ini. Di sini bisa tahu arti kehilangan, bisa tahu artinya kita jauh dari keluarga, ketika kita di luar itu sangat-sangat tidak baik. Setelah saya di sini Insya Allah saya menyadari apa kesalahan saya, dan berjanji tidak akan mengulanginya," jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut