get app
inews
Aa Read Next : Perahu Pemancing di Probolinggo Tenggelam, 4 Penumpang Selamat, 1 Orang Tak Ditemukan

Unik, Emak-Emak Probolinggo Sambut Hari Raya Idul Fitri Dengan Festival Patrol 

Kamis, 28 April 2022 | 23:15 WIB
header img
Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menyambut hari raya idul fitri. Emak-emak di probolinggo mengiktui festival musik patrol

PROBOLINGGO, iNews.id - Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk menyambut hari raya idul fitri, salah satunya yakni dengan melaksanakan festival Patrol yang diadakan oleh Pemerintah Desa Opo-opo, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Kamis malam (28/4/2022). 

Alat musik yang dipakai dalam festival Patrol desa Opo-opo adalah alat tradisional seperti kentongan bambu, rebana bahkan ember cat  bekas dan tidak boleh memakai alat musik modern.

Kepala Desa Opo-opo, Muhaimin Mengatakan Acara tersebut digelar untuk menyambut hari raya idul Fitri dan rasa syukur selama menjalani puasa di bulan suci ramadan. "Acara tersebut juga sebagai pengganti takbir keliling yang sekarang dilarang oleh pemerintah", ungakapnya. 

Warga sangat antusias dalam mengikuti festival tersebut, seperti yang disampaikan salah satu warga Opo-opo, Hasan mengatakan acara tersebut sangat positif selain untuk hiburan warga desa, acara tersebut juga bisa sebagai ajang silaturahmi sesama penduduk desa. 

"Selama beberapa tahun terakhir belum ada acara perkumpulan seperti ini,"ungkapnya 

Festival Patrol tersebut diikuti oleh sebelas grup perwakilan dari setiap dusun dan berbagai elemen masyarakat.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut