get app
inews
Aa Read Next : Bikin Bangga Sumenep, Ale Hattan Yasar Maulana Jadi Pemenang Utama Duta Budaya Indonesia Tahun 2023

Evakuasi Penumpang Kapal Sabuk Nusantara 91 Tuntas

Jum'at, 06 Mei 2022 | 22:48 WIB
header img
Evakuasi Penumpang Kapal Sabuk Nusantara 91 Tuntas (Foto : Humas Polres Sumenep)

SUMENEP, iNews.id – Penumpang Kapal Sabuk Nusantara 91 berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Sapeken, Jawa Timur, Jumat (6/5/2022). Sebelumnya, sebanyak 50 penumpang memilih tetap bertahan di kapal menunggu air laut pasang untuk melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Kalianget. Tetapi tim mengevakuasi mereka untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. 

Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, mengungkapkan tim evakuasi penumpang terdiri dari sejumlah unsur, yaitu dari Polsek Sapeken 6 personel, Dishub 4 orang, Syahbandar 6 orang, Koramil Sapeken 3 orang, jajaran Kecamatan Sapeken 2 orang, lalu terakhir dari agen kapal 3 orang. 

“Selama proses pelaksanaan evakuasi berjalan aman, lancar dan kondusif,” turur mantan Kapolsek Kota itu. 

Widi menyebut sebelum tim diterjunkan mengevakuasi penumpang, terlebih dahulu dilakukan koordinasi dengan nakhoda kapal. Alhasil, tepat pukul 12.00 WIB penumpang berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Sapeken menggunakan kapal kayu. Enam menit kemudian, kapal pertama pengangkut arus balik tersebut berhasil mundur ke Pelabuhan Sapeken. 

“Lalu pukul 13.02 WIB, kapal sudah bersandar di Pelabuhan Sapeken,” jelasnya. 

Selebihnya, Widi mengungkapkan kapal cadangan Sabuk Nusantara 115 kini dalam perjalanan ke Pelabuhan Sapeken untuk mengangkut penumpang. Ia bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, termasuk evakuasi penumpang berjalan sesuai harapan. 

Kapal Sabuk Nusantara 91 gagal melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Kalianget karena tersangkut karang di perairan Teluk Sapatako, perairan Pulau/Kecamatan Sapeken, Kamis (5/5/2022). Peristiwa tersebut berlangsung sekira pukul 12.30 WIB atau 30 menit lepas dari Pelabuhan Sapeken.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut