get app
inews
Aa Read Next : Marak Bullying, Psikolog Unair : Harus Ada Perhatian Khusus

Psikolog Unair Sebut Homoseksual Bisa Muncul Bukan Karena Faktor Psikologis Saja

Jum'at, 20 Mei 2022 | 13:02 WIB
header img
Ilustrasi Homoseksual. (Foto: MPI)

Homoseksual buka hanya muncul karena faktor psikologi

Menurut dosen kelahiran Tulungagung tersebut, homoseksual bisa muncul karena faktor psikologis. Namun, dari perspektif yang lebih komprehensif, ada faktor lainnya. 

Yaitu, faktor biologis yang kemungkinan pada saat perkembangan dari fase anak menuju remaja hingga dewasa lebih dominan ke arah menyukai sesama jenis kelamin. 

Atau, bisa juga secara psikologis karena orientasi seksual tersebut tidak terjadi secara mendadak. Karena, sebenarnya sudah sesuai dengan perkembangan seseorang dan biasanya diawali sesuai dengan fungsi seksualnya, yaitu pada masa pubertas. 

“Cuma, persoalannya kadang-kadang di masa remaja itu seseorang tidak langsung menyadari identitas seksual dan orientasi seksualnya. Kadang-kadang untuk beberapa orang perlu pengalaman seksual atau berperilaku seksual dulu untuk kemudian menyadari bahwa mereka ini tidak seperti yang kebanyakan orang disekitarnya lakukan,” ungkapnya. 

Selain itu, penyebab lain bisa karena faktor sosial. Karena, munculnya homoseksual terdiri atas faktor biologis, psikologis, dan faktor sosial.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut