get app
inews
Aa Read Next : Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia Sebut, Emil Turut Sumbang Elektoral Khofifah

Perluas Pasar UMKM Binaan, PHE WMO Hadirkan Platform Bakaoo.id 

Jum'at, 20 Mei 2022 | 12:42 WIB
header img
UMKM Batik Tanjungbumi Bangkalan saat membuka stan pameran dalam acara Pre Forum Kapasitas Nasional di salah satu hotel di Surabaya.  (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) memperkenalkan Bakaoo.id, sebuah situs e-commerce dalam acara Pre Forum Kapasitas Nasional di salah satu hotel di Surabaya yang berlangsung pada 17 hingga 19 Mei 2022.

Situs jual beli ini bertujuan membantu memperluas jaringan pasar, meningkatkan daya saing hingga penjualan produk UMKM binaan PHE WMO.

UMKM Batik Tanjungbumi dan Prancak Sepulu (Pranspul) Kabupaten Bangkalan yang mengolah hasil laut merupakan produk unggulan di website marketplace Bakaoo.id.

"Dengan Bakaoo.id, pendapatan dari UMKM pun meningkat secara signifikan dan membuat produk UMKM dikenal luas. Tidak hanya di Bangkalan, tapi juga luar negeri," kata Direktur Regional Indonesia Timur, Awang Lazuardi, Kamis (19/5/2022). 

Menurutnya, peningkatan permintaan barang ini juga memberikan dampak positif. Yaitu terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar yang ikut terlibat dalam pembuatan produk batik dan juga makanan olahan.

"Kedepannya website marketplace ini akan dicoba untuk terintegrasi dengan website milik Pemprov Jatim dan juga portal UMKM Lokal binaan Kementerian BUMN," imbuh Awang. 

Pengrajin batik Tanjungbumi Bangkalan, Hananah, mengakui adanya perbedaan setelah dibina PHE WMO.

Sebelumnya, dia masih menawarkan dagangannya secara konvensional dengan cara menitipkan batik produksinya ke toko-toko di Surabaya, Sidoarjo, Pamekasan dan Sumenep.   

Sejak menjadi binaan PHE WMO, usaha batik Hananah semakin berkembang. Omzetnya naik berkali-kali lipat karena perluasan pasar.

Jika sebelumnya dalam sebulan bisa laku ratusan lembar, kini jumlah batiknya yang terjual semakin banyak dengan banderol harga mulai Rp200.000 hingga Rp15 juta.

"Penjualan semakin maksimal dengan Bakaoo.id. Sebulan ratusan lembar," katanya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut