get app
inews
Aa Read Next : Inflasi  Dunia dan Lockdown Tiongkok, Peluang Petani Indonesia untuk Maju. Ini Pesan Mendag Lutfi

Mendag Dorong Sinergi Indo-Pasifik dengan ASEAN 

Senin, 23 Mei 2022 | 17:58 WIB
header img
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengembangkan sinergi ekonomi kawasan Indo-Pasifik dengan ASEAN

Dalam pertemuan tersebut, isu lain yang dibahas adalah Pertemuan Tingkat Menteri Trade and Investment Framework Agreement (TIFA) dengan USTR pada September 2022 mendatang. Mendag Lutfi berharap, pertemuan yang dipimpin para menteri tersebut dapat mengirim sinyal kuat ke kalangan bisnis ASEAN dan AS untuk menjalin suatu kolaborasi yang meningkatkan upaya pemulihan ekonomi. “Kami ingin memastikan bahwa Indonesia dan AS memiliki kesamaan visi bahwa pertemuan TIFA mendatang harus membahas isu-isu strategis mulai saat itu,” ungkap Mendag Lutfi.

Terkait Konferensi Tingkat Menteri ke-12 Organisasi Perdagangan Dunia, Mendag Lutfi menyampaikan kepada Dubes Tai bahwa salah satu tujuan utama pertemuan tersebut adalah membuka kesempatan negara-negara anggota untuk berdiskusi dan memastikan bahwa regulasi-regulasi perdagangan masih relevan dengan kondisi saat ini.

Selain itu, Mendag Lutfi juga meminta AS untuk mendukung Presidensi G20 tahun ini, khususnya terhadap Kelompok Kerja Perdagangan, Investasi, dan Industri (Trade, Investment, and Industry Working Group). Pertemuan TIIWG yang kedua akan dilaksanakan secara hibrida di Solo, Jawa Tengah, 4—7 Juli 2022.

Di sisi lain, Dubes Tai mengatakan keterlibatan Indonesia dan ASEAN sangat penting dalam IPEF, maka ia mengajak Indonesia untuk bergabung dalam kerja sama tersebut. Dubes Tai juga berharap dapat mengembangkan cakupan kerja sama yang lebih luas dengan ASEAN melalui TIFA. Dubes Tai juga mengajak Indonesia untuk bergabung dalam Joint Services Initiatives on Domestic Regulation. Ia juga menyampaikan akan menindaklanjuti permintaan Indonesia untuk kembali mendapatkan Generalized System of Preference (GSP).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut