get app
inews
Aa Read Next : Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Palestina, Tak Ada Nama Egy Maulana Vikri?

Marak Berita Anak Ridwan Kamil, Dewan Pers Minta Media Tak Beritakan Ramalan dan Prediksi

Minggu, 29 Mei 2022 | 18:19 WIB
header img
Ketua Dewan Pers Prof. Dr. H. Azyumardi Azra

SURABAYA, iNews.id – Pemberitaan anak Gubernur Jawa Timur Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril merwarnai semua media. Namun akhir-akhir ini, pemberitaan yang muncul cenderung keluar dari etika jurnalistik.

Kondisi ini terbaca oleh Dewan Pers. Sebagai lembaga yang bertugas menjalankan pengawasan  pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik, dan memastikan pers menjalankan tugas, peran dan fungsi dalam membuat berita, Dewan Pers menegluarkan himbauan supaya pemberitaan kembali ke jalur layaknya jurnalistik.

“Dalam beberapa hari ini, pers di tanah air dihebohkan dengan pemberitaan tentang hanyutnya putra sulung Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, yang terbawa arus  di sungai AaRee, Swiss.  Dewan Pers memahami bahwa Pers bertugas mencari informasi, melakukan  pemberitaan dengan baik dan benar sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik,” kata Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers sesuai rilis yang diterima iNewsSurabaya.

Namun demikian, ujar Prof Azyumardi, Dewan Pers mengimbau kepada seluruh insan pers dan jajaran news room dari berbagai platform media di tanah air untuk bekerja sesuai dengan kode etik dan melakukan pemberitaan dengan penuh tanggung jawab dan berdampak positif bagi publik.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut