get app
inews
Aa Read Next : Warga Tumpah Ruah Ikuti Sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah bersama Indah Kurnia di Kaliasin

Mengenal Nilai Mata Uang Dunia Paling Rendah, Bagaimana dengan Indonesia?

Selasa, 31 Mei 2022 | 10:05 WIB
header img
Nilai uang menjadi tinggi atau rendah didasari adanya konversi mata uang

SURABAYA, iNews.id - Mata uang disetiap negara memiliki nilai yang berbeda-beda. Nilai uang menjadi tinggi atau rendah didasari adanya konversi mata uang, diantaranya permintaan dan penawaran dengan menggunakan mata uang.

Mata uang dibeberapa negara mengalami pelemahan imbas dari pandemi, salah satunya mata uang Indonesia. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat terus mengalami penurunan hingga Indonesia masuk ke dalam daftar nilai mata uang terendah di dunia.

Dikutip dari beberapa sumber oleh MPI, berikut daftar negara dengan nilai mata uang terendah di dunia:

1. Rial Iran (IRR)
Satu dolar AS setara dengan  24.875 Rial Iran, hal ini membuatnya menjadi mata uang dengan nilai terendah di dunia. Rendahnya nilai mata uang Iran juga turut dipengaruhi oleh konlik Iran - Amerika Serikat serta berkaitan dengan pembatasan transaksi sebagai bentuk sanksi ekonomi global terhadap Iran. 

2. Dong Vietnam (VND)
Sejak pertama kali diterbitkan, nilai mata uang Dong sudah menjadi nilai mata uang paling rendah. Satu dolar AS setara dengan 22649.95 VND. Dong  pertama kali diperkenalkan pada tahun 1946 menggantikan Pieter Indochina Perancis.

3. Franc Guinea (GNF)
Dalam kurs dolar AS saat ini, nilai 1 dolar setara dengan 9.512,22 GNF.  Guinea menjadi negara dengan mata uang terendah di dunia meskipun Afrika memiliki kekayaan mineral terutama di Guinea. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut