get app
inews
Aa Read Next : Rotasi Kepala Sekolah Upaya Memajukan dan Meratakan Mutu Pendidikan

Situs Sitinggil Simpan Cerita Kebesaran Majapahit, Masa Kecil Gajah Mada Terukir Disini, Benarkah?

Minggu, 05 Juni 2022 | 09:43 WIB
header img
Kabupaten Lamongan memiliki ikatan erat dengan Majapahit. Buktinya, terdapat situs-situs yang menggambarkan kehidupan masa lampau Kerajaan Majapahit

LAMONGAN, iNews.idKabupaten Lamongan memiliki ikatan erat dengan Majapahit. Buktinya, terdapat situs-situs yang menggambarkan kehidupan masa lampau Kerajaan Majapahit yang berada dibeberapa titik.

Salah satu situs yang terkenal adalah Sitinggil di Dusun Bendo, Desa Mojorejo, Kecamatan Modo.  Konon, situs ini merupakan petilasan maa kecil Mahapatih, Gajah Mada. Lokasi situs ini  sekitar 38 kilometer dari Kota Lamongan. Situs ini berada di tengah hutan jati, tak jauh dari pemakaman umum desa setempat.

Warga kerap menyebut situs ini sebagai situs Sitinggil karena letaknya yang lebih tinggi dari kawasan di sekitarnya. Luas bangunan sekitar 6x6 meter untuk bagian bawah atau dasar dan puncaknya memiliki luas sekitar 2x2 meter dan tingginya sekitar 2 meter.

"Situs Sitinggil ini adalah sebuah bangunan punden berundak zaman megalitikum," kata Pemerhati Budaya Lamongan, Supriyo.

Supriyo mengungkapkan, situs Sitinggil ini sudah diidentifikasi Pemerintah Belanda sebagai salah satu peninggalan masa megalitik berupa bangunan punden berundak. Pinggiran situs ditopang juga susunan bebatuan.

"Keterangan dari foto badan arkeologi Belanda menyebutnya Setinggi sebagai bangunan megalitik," ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut