get app
inews
Aa Read Next : Rotasi Kepala Sekolah Upaya Memajukan dan Meratakan Mutu Pendidikan

Situs Sitinggil Simpan Cerita Kebesaran Majapahit, Masa Kecil Gajah Mada Terukir Disini, Benarkah?

Minggu, 05 Juni 2022 | 09:43 WIB
header img
Kabupaten Lamongan memiliki ikatan erat dengan Majapahit. Buktinya, terdapat situs-situs yang menggambarkan kehidupan masa lampau Kerajaan Majapahit

Priyo menambahkan, cerita lokal masyarakat Modo seringkali diidentifikasikan sebagai keberadaan wilayah mereka dengan nama besar Patih Gajah Mada. Konon, sewaktu masih remaja, Patih Gajah Mada kerap bermain di lokasi tersebut. Bahkan samapai sekarang, tak jarang penduduk local menemukan uang zaman dulu yang berada di area situs tersebut.

"Semoga ke depan ada cukup penelitian yang memadai sehingga dapat diperoleh penjelasan yang lebih rinci," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Lamongan Yuhronur Efendy mengaku kagum dengan keberadaan situs Sitinggil ini. Situs Sitinggil ini, menurut Yuhronur, bukanlah situs purbakala biasa layaknya bangunan candi tapi sebuah bangunan peninggalan masa megalitik.

"Kita datang ke situs Sitinggil ini untuk bersama-sama berdiskusi, saling berbagi informasi, mengamati, juga merencanakan upaya pelestarian situs ini," katanya.

Yuhronur menambahkan, Situs Sitinggil ini sudah termasuk dalam situs cagar budaya yang telah terdata dan dilindungi. Hal ini, lanjut Yuhronur, dibuktikan dengan adanya juru pelihara yang ditetapkan dari BPCB Trowulan Jatim.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut