Logo Network
Network

Gubernur Khofifah Sebut Ada 4 Keterampilan Yang Harus Dimiliki ASN Diera Digitalisasi

Ali Masduki
.
Kamis, 09 Juni 2022 | 08:00 WIB
Gubernur Khofifah Sebut Ada 4 Keterampilan Yang Harus Dimiliki ASN  Diera Digitalisasi
Seremial penyerahan SK ASN dan PPPK hasil seleksi tahun 2021, Rabu (08/6/2022). (Foto: Humas Prov Jatim)

SURABAYA, iNews.id -  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut, ada 4 keterampilan umum yang harus dimiliki oleh ASN dalam menghadapi era digitalisasi saat ini

Yang pertama ialah keterampilan di bidang informasi, media, dan teknologi ( information, media, and technology) skills. 

"Artinya, ASN dituntut memiliki keahlian literasi media, literasi visual, literasi multikultural, termasuk kesadaran global dan literasi teknologi," katanya saat menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan (SK) kepada para Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hasil seleksi tahun 2021 hari ini Rabu (8/6).

Keterampilan kedua ialah keterampilan hidup dan karir ( life and career skills) yang terdiri dari kepemimpinan, tanggungjawab, nilai etika, dan moral. Tak lupa produktivitas dan akuntabilitas. 

Yang ketiga ialah learning and innovation skills, yakni ASN dituntut memiliki kemampuan complex problem solving yang meliputi kreativitas dalam memecahkan masalah.

“Dan yang keempat yakni keterampilan komunikasi efektif. Maksudnya, ASN harus memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim atau teamwork, tanggung jawab personal dan sosial, serta komunikasi interaktif,” katanya.

Tak hanya itu, dalam kompetisi masa depan yang dibutuhkan adalah kreativitas, persuasi, kolaborasi, adaptasi, manajemen waktu, dan Artificial Intelligence. 

"Namun pesan saya, family resilience atau ketahanan keluarga juga harus dijaga,” tegasnya. .

Jumlah formasi yang terisi dari seleksi atau rekrutmen ASN tahun 2021 di Jatim ini berjumlah 10.992 orang. Dengan rincian 1.335 orang CPNS, 51 orang STAN, 1 orang STTD Kemenhub, 501 orang PPPK Non Guru, dan 9.104 orang PPPK Guru.

Penyerahan SK dan pembekalan ini diselenggarakan secara hybrid. Gubernur Khofifah bersama 1.870 orang CPNS dan PPPK hadir secara langsung di Gedung Graha UNESA, Jl. Citra Raya, Surabaya. Sementara sebanyak 9.122 orang lainnya mengikuti secara virtual.

Kepada ribuan para CPNS dan PPPK tersebut, Gubernur Khofifah berpesan untuk terus memaksimalkan potensi dan kinerja yang dimiliki baik kreativitas dan inovasinya untuk mendukung proses pembangunan yang ada di Jatim. Terlebih lagi, Pemprov Jatim telah meraih sejumlah penghargaan di berbagai bidang.

Sedangkan untuk PPPK Guru, seluruh tahapan mulai seleksi administrasi hingga pengumuman kelulusan ditangani oleh Kemendikbud langsung. 

"Jumlah pelamar yang lolos dimaksud, baik CPNS atau PPPK Non Guru hanya sebesar 18% dari jumlah pendaftar,” pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.