get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Lingkungan Desak Konjen Jepang Hentikan Pengiriman Sampah Plastik ke Indonesia

Duh! Sachet Unilever Banyak Nyangkut dan Kotori Bantaran Ciliwung

Senin, 13 Juni 2022 | 19:32 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id - Tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) berkolaborasi dengan Ciliwung Institut, melakukan kegiatan ekspedisi ciliwung, Senin (13/6/2022).

Ekspedisi dimulai dari jembatan TB Simatupang dan berakhir di Padepokan Ciliwung Condet Pangkalan Ki Botak Condet.  Sepanjang penyusuran teridentifikasi lebih dari 1100 pohon yang terlilit sampah plastik

"Sepanjang penyusuran Ciliwung kami menemukan sekitar 1100 vegetasi sisi kanan dan kiri bantaran Ciliwung terlilit sampah plastik seperti tas kresek dan sachet," ungkap Koordinator Susur Sungai Ciliwung, Alaika Rahmatullah.

Alumni Biologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ini menjelaskan, bahwa sampah-sampah plastik dan sachet yang melilit pohon akan menjadi sumber mikroplastik yang mencemari sungai Ciliwung.

Kegiatan brand audit dilakukan oleh tim susur Ciliwung menemukan bahwa sampah Unilever paling banyak ditemukan.

Koordinator Kampanye Ecoton, Daru Setyorini mengungkapkan, dari 600 sachet yang ditemukan, sampah sachet Unilever paling banyak ditemukan. Disusul Wings dan Indofood.

Kata dia, sachet merupakan sampah jenis residu yang tidak bisa didaur ulang sehingga mencemari lingkungan. 

"Perlu tanggungjawab Unilever, Wings dan Indofood untuk membersihkan sampah sachet yang mencemari Ciliwung," pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut