get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Lingkungan Desak Konjen Jepang Hentikan Pengiriman Sampah Plastik ke Indonesia

Perairan Tercemar Mikroplastik, Pelajar di Banyuwangi Jadi Detektif Sungai

Selasa, 06 Agustus 2024 | 11:01 WIB
header img
Tim Detektif Sungai melakukan pemantauan kesehatan sungai di Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Foto/Ecoton

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Perairan di Genteng telah terkontaminasi mikroplastik, memicu kekhawatiran di kalangan masyarakat dan lingkungan

Sebagai respons terhadap situasi ini, sekelompok pelajar dari SMA NU dan SMP Bustanul Makmur Genteng mengambil langkah inovatif dengan menjadi “Detektif Sungai” untuk memantau dan melaporkan kondisi sungai mereka.

Tim Detektif Sungai yang terdiri dari pelajar-pelajar SMP dan SMA di Gentengpun melakukan pemantauan kesehatan sungai di Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi.

Serangkaian kegiatan mereka lakukan, seperti pengambilan sampel air untuk identifikasi mikroplastik dan biotilik (pemantauan kualitas air menggunakan indikator biota).

Mereka bekerja sama dengan para ahli lingkungan dari Yayasan Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton Foundation) untuk mengidentifikasi dan mengukur tingkat kontaminasi mikroplastik di perairan Genteng.

Hasilnya, tim menemukan adanya kontaminasi partikel mikroplastik di ekosistem sungai dekat sekolah mulai dari partikel fiber, fragmen dan filamen. 

Partikel tersebut berasal dari plastik-plastik sekali pakai termasuk kresek, botol plastik, dan sedotan. 

Berdasarkan hasil pengamatan biotilik, mendapatkan skor 2,25 artinya tercemar sedang karena ditemukan makroinvertebrata indikator yang didominasi famili Corixidae.

Aura Joshin, salah satu tim Detektif Sungai dari SMP Bustanul Makmur Genteng mengaku terkejut dengan hasil yang ia temukan. 

"Sungai kami sedang sakit. Mikroplastik ada di mana-mana, bahkan di tempat-tempat yang tidak kami duga,” katanya 

 “Kami merasa perlu untuk mengambil tindakan nyata demi masa depan lingkungan kita," lanjut Aura sapaan akrabnya.

Detektif Sungai adalah program yang diinisiasi oleh Ecoton bekerjasama dengan Grab yang melibatkan pelajar sebagai pemimpin untuk memantau dan melaporkan kondisi sungai lokal mereka. 

Melalui pengambilan sampel dan analisis, mereka berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dan melindungi lingkungan dari berbagai bentuk polusi, termasuk mikroplastik.

Sementara itu, proyek ini tidak hanya bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya mikroplastik. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut