Semarak Jumpa Kartu Prakerja di Surabaya

Ali Masduki
.
Jum'at, 16 September 2022 | 17:50 WIB

SURABAYA, iNews.id - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari (tengah) bersama Chief Business Officer Cakap, Jonathan Dharmasoeka (kanan), memaparkan capaian dan manfaat Program Kartu Prakerja dalam kegiatan Semarak Jumpa Kartu Prakerja, di Surabaya, Jawa Timur, Jumat 16/9/2022).

Program kolaborasi antara Cakap dengan PMO PraKerja yang diikuti oleh para alumni PraKerja dan peserta umum ini juga diisi dengan Talkshow Inspiratif Alumni Kartu Prakerja  bertajuk "Bersama Kartu Prakerja, Gali Potensi Bangsa" .

Cakap merupakan salah satu platform EdTech terbesar di Indonesia yang menyediakan pelatihan bahasa dan pelatihan vokasional secara daring yang menyediakan kelas pelatihan prakerja. Mentor dari ahli dan profesional yang telah bekerja sekian tahun di bidangnya akan berbagai tips dan trik untuk terjun ke dunia industri yang diimpikan oleh penerima manfaat dari Kartu PraKerja.

Sejak dibuka pada 2020, program Kartu Prakerja mencapai jumlah yang signifikan. Tercatat, peserta program Kartu Prakerja telah mencapai 13,4 juta orang di seluruh Kabupaten/kota di Indonesia.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Perlu diketahui bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah penerima manfaat Program Kartu Prakerja kedua tertinggi se-Indonesia. Total pendaftar dari Jawa Timur mencapai 4,5 juta orang dan sebanyak 1,38 juta orang telah menjadi penerima manfaat Program Kartu Prakerja. 

Pelatihan yang paling diminati oleh penerima manfaat Prakerja di Jawa Timur adalah telemarketing, strategi pemasaran, makanan dan minuman, kerajinan tangan, tata rias, hingga IELTS.

Editor : Ali Masduki
Bagikan Artikel Ini