get app
inews
Aa Read Next : Prof Mahfud MD Dapat Tantangan Berani : Menteri Pendukung 03 dan 02 Untuk Mundur

Program Kartu Prakerja Dilaksanakan Triwulan Pertama Tahun 2023, Segera Daftar, Insentif Capai Rp4,2

Rabu, 21 Desember 2022 | 07:34 WIB
header img
Pelaksanaan program pra kerja tahun 2023 pada triwulan pertama. Pendaftar bakal mendapatkan ketrampilan hingga uang insentif. Foto Okezone

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Pemerintah bakal melaksanakan program Kartu Prakerja dengan Skema Normal pada Triwulan pertama tahun 2023. Penerima manfaat program ini akan menerima insentif senilai Rp4,2 juta setelah pelatihan. 

Dikutip dari Okezone, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pelaksanaan Program Kartu Prakerja dengan Skema Normal akan dimulai di Triwulan pertama tahun 2023 dan persiapan seperti target penerima serta metode pelatihan sudah mulai dilakukan bulan ini.

"Di tahun 2023 nanti, Program Kartu Prakerja dengan Skema Normal ditargetkan akan menjangkau 1 juta penerima. Dengan Skema Normal ini, metode pelatihan akan dilakukan secara offline, online, dan hybrid serta insentif yang diberikan akan dilakukan penyesuaian," tuturnya.

Inklusivitas Program Kartu Prakerja telah menjangkau sekitar 3% penyandang disabilitas, 2,9% Pekerja Migran Indonesia, 47,59% penerima dari 212 Kabupaten/Kota lokus prioritas pengentasan kemiskinan ekstrem tahun 2020-2022, 19% berpendidikan SD atau sederajat, dan 49% perempuan. Di tahun 2022, sedikitnya sekitar Rp8,72 triliun insentif telah disalurkan.

“Yang daftar lebih dari 40 juta, yang diterima sekitar 16,4 juta. Semuanya dari 514 kabupaten/kota. Artinya, selama pandemi kita bisa melihat bahwa infrastruktur digital kita relatif merata. Dari kuota yang diberikan ke daerah-daerah itu bisa terisi, dengan demikian sifat inklusif kartu prakerja menjadi tinggi. 212 kabupaten/kota di antaranya merupakan daerah miskin, sehingga target menjangkau banyak pihak dengan teknologi digital itu bisa diwujudkan,” ungkapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut