Logo Network
Network

Foto : Sensus Populasi Pari Manta di Spot Manta Sandy Raja Ampat

Ali Masduki
.
Kamis, 25 November 2021 | 04:35 WIB

PAPUA BARAT, iNews.id - Sejumlah peneliti bersiap melakukan penyelaman di Spot Manta di Kawasan Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Selat Dampier, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (24/11/2021). Penyelaman tersebut untuk melakukan sensus populasi Pari Manta, salah satu kriteria biota laut yang dilindungi karena terancam punah.

Manajer Proyek COREMAP CTI Paket 3, Riyan Heri Pamungkas, mengatakan bahwa sensus populasi Pari Manta ini merupakan pelaksanaan dari proyek Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP – CTI).

Program proyek pencontohan di TNP Laut Sawu dan Raja Ampat berjudul “Integrasi Kebijakan Berbasis Sains dalam Mendukung Konservasi dan Pemanfaatan secara Berkelanjutan Spesies yang Terancam Punah", ini didukung oleh dana hibah Global Environment Facility (GEF) melalui World Bank, kerjasama Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) dengan Yayasan Reef Check Indonesia.

Kegiatan ini telah berjalan sejak bulan Mei tahun 2021. Dalam pelaksanaanya, Yayasan Reef Check Indonesia kerja bersama dengan Otoritas Pengelola Kawasan Konservasi di Raja Ampat, yaitu BLUD UPT KKP & BKKPN Kupang

Terpelihara dan terjaganya spesies dilindungi (Pari Manta) diharapkan dapat memberi dampak langsung pada masyarakat, terutama dalam penguatan bisnis wisata berbasis spesies. 

(Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini