Logo Network
Network

Perpaduan Batik Shibori Dengan Kebaya Indonesia Tampil Elegan di Surabaya Fashion Runway 2023

Ali Masduki
.
Senin, 16 Januari 2023 | 01:12 WIB

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Model tampil elegan membawakan busana perpaduan Batik Shibori dengan Kebaya Indonesia karya desainer Veni Rosita dalam Surabaya Fashion Runway 2023 di Homepro Pakuwon Mall Surabaya, Jawa Timur, Minggu (15/1/2023). 

Sebanyak 6 busana bermotif khas batik Indonesia dengan sentuhan teknik Shibori Nui yang pewarnaannya menggunakan pewarna alami indigo, ditampilkan oleh Veni Rosita dalam gelaran Surabaya Fashion Runway (SFR) Season II tersebut.

Busana perpaduan antara Indonesia dan Jepang dengan nuansa biru itu cukup mencuri perhatian para pecinta batik dan pengunjung Pakuwon Mall Surabaya.

Busana motif batik yang dihasilkan dari teknik Shibori ala Negeri Sakura ini juga menjadi warna tersendiri, diantara karya-karya yang ditampilkan oleh 88 desainer lokal Indonesia yang mengikuti Surabaya Fashion Runway.

Perlu diketahui, Shibori merupakan pakaian sehari-hari yang dipakai oleh orang jepang, kalangan menengah ke bawah, yang tidak mampu membeli baju kimono atau baju khas jepang.

Shibori hanya bisa dibuat menggunakan tangan secara manual. Memiliki beberapa teknik, mulai ikat, jahit, pres, hingga lipat, kainnya pun khusus dengan jenis katun.

Kain jenis katun lebih memiliki daya serap yang tinggi dan mudah terurai, sehingga lebih ramah lingkungan. Begitupun bahan pewarnanya yang menggunakan bahan-bahan pewarna dari alam, seperti tumbuhan.

Pewarna untuk batik Shibori yang dibuat-pun menggunakan bahan-bahan alam, biru menggunkan pohon indigo, coklat dari mahoni, dan banyak lagi pewarna alam lainnya. Sehingga batik ini ramah lingkungan.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini