Logo Network
Network

Patut Dicontoh, Inilah Foto-Foto TPS3R Sampang Agung Mojokerto

Ali Masduki
.
Jum'at, 30 Agustus 2024 | 22:40 WIB

MOJOKERTO - Warga memilah sampah organik dan anorganik di Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) Sampangagung, Kec. Kutorejo, Kab. Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (30/8/2024). TPS3R Sampang sekaligus bank sampah yang didirikan oleh Multi Bintang Indonesia dan Wehasta ini guna membantu meningkatkan sirkularitas, manajemen air bersih, dan memberikan pelatihan kepada komunitas lokal sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat. 

Sebelumnya, Multi Bintang Indonesia dan Wehasta juga sudah mendirikan TPS3R Trawas. Dua fasilitas tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah domestik rumah tangga yang mencemari DAS. 

Kedua sarana tersebut menjadi tempat untuk mengelola sampah rumah tangga guna mengurangi jumlah timbunan sampah yang dibuang ke permukaan air. Dengan begitu, menjaga kesehatan DAS sekaligus memberdayakan dan memperkuat ekonomi lokal masyarakat. 

Sisyantoko atau akrab disapa dengan panggilan Cak Toko dari Wahana Edukasi Harapan Alam Semesta, mengatakan bahwa kegiatan edukasi dan pemberdayaan masyarakat pun gencar dilakukan.

“Sejauh ini, kami sudah menjangkau 3.125 anggota masyarakat dan memberikan informasi seputar pengolahan sampah, pembuatan kompos, pembibitan, dan pertanian organik,” kata dia.

Hingga saat ini, sudah terdapat 2 TPS3R dan 316 unit bank sampah. Dari banyaknya jumlah unit bank sampah tersebut, sudah ada 14.615 nasabah dengan dampak ekonomi yang mencapai Rp 56.940.415 sejak tahun 2023 hingga Q1 2024.

Selanjutnya, TPS3R Sampang baru saja diresmikan setelah berjalan efektifnya TPS3R Trawas. Di TPS3R Trawas, 187 ton total sampah terkelola dari November 2022 hingga Juli 2023. 

TPS3R Trawas dan TPS3R Sampang akan mengelola sampah domestik dan limbah dari Multi Bintang Indonesia, untuk dijadikan bahan baku pembuatan kompos, sehingga menjadikan TPS3R dan komunitas sebagai bagian dari rantai nilai perusahaan. 

Bambang Chriswanto, Corporate Affairs Director Multi Bintang Indonesia, menyampaikan bahwa pencapaian ini selaras dengan ambisi keberlanjutan perusahaan yang dirangkum pada Brew a Better World 2030.

“Sebagai bagian dari The Heineken Company, Multi Bintang Indonesia bertanggung jawab untuk menjalankan bisnis yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Pencapaian ini merupakan langkah konsisten kami untuk mewujudkan Brew a Better World 2030,” terangnya, Jumat (30/8/2024).

Multi Bintang Indonesia terus melakukan berbagai inisiatif untuk Brew a Better World. Salah satunya, mencapai 100% energi terbarukan pada seluruh lini produksi perusahaan. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini