Logo Network
Network

QR Code Senjata Ampuh Lawan Penimbun BBM

Ali Masduki
.
Senin, 14 Oktober 2024 | 10:27 WIB

SURABAYA - Pengendara menunjukkan QR Code kepada operator ketika hendak mengisi Pertalite di salah satu SPBU di Bandung, Jawa Barat, Senin (5/8/2024). Sukses menerapan QR Code untuk pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Solar, kini Pertamina Patra Niaga juga mulai menerapkan QR Code untuk Pertalite bersubsidi untuk kendaraan roda empat.

Selain untuk mendata pengguna BBM subsidi agar tepat sasaran, QR Code Pertalite ini juga bisa menjadi senjata ampuh untuk melawan oknum penimbun BBM

Pasalnya, untuk memperoleh QR Code pemilik kendaraan harus menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat verifikasi. Di antaranya foto KTP, STNK, serta foto kendaraan yang menampilkan nomor polisi dengan jelas. Untuk kendaraan yang memerlukan KIR, dokumen KIR juga harus dilampirkan. 

Langkah tersebut merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam meningkatkan transparansi dan efisiensi penyaluran BBM bersubsidi. 

Dengan adanya data yang akurat mengenai pengguna bahan bakar bersubsidi, pemerintah dan Pertamina dapat melakukan pemantauan dan pengendalian yang lebih baik dalam penyaluran BBM. Program ini diharapkan dapat memastikan subsidi benar-benar sampai kepada mereka yang berhak

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini